Cara Cek BLT El Nino 2023, Bansos Rp400 Ribu untuk Siapa Saja, Kapan Cair? Jokowi Berikan Bantuan ke 18,8 KPM

- 27 Oktober 2023, 13:00 WIB
Ilustrasi - Cara cek penerima BLT El Nino 2023, info bansos Rp400 ribu untuk siapa saja dan kapan cair, Jokowi berikan bantuan ke 18,8 nama KPM ini.
Ilustrasi - Cara cek penerima BLT El Nino 2023, info bansos Rp400 ribu untuk siapa saja dan kapan cair, Jokowi berikan bantuan ke 18,8 nama KPM ini. /Tangkap layar Instagram.com/@bank_indonesia

BERITA DIY - Bagaimana cara cek penerima BLT El Nino 2023? Informasi bansos Rp400 ribu untuk siapa saja dan kapan cair ada di sini. Jokowi berikan bantuan ke 18,8 nama KPM ini.

Siap-siap, pemerintah akan kembali memberikan bansos kepada masyarakat demi menjaga daya beli yang menurun akibat El Nino yang melanda sejumlah wilayah di Indonesia.

Program bantuan ini akan cair Rp400 ribu ke 18,8 nama KPM. Presiden dan Menkeu Sri Mulyani telah berikan bocoran kapan BLT El Nino akan cair dan siapa saja sasarannya.

Fenomena El Nino yang melanda Indonesia memberikan pengaruh besar dalam kehidupan masyarakat khususnya di lapisan masyarakat dengan penghasilan rendah. Peristiwa tersebut juga berdampak pada daya beli dan kemampuan pemenuhan kebutuhan hidup.

Baca Juga: Jokowi Umumkan Syarat Pemilik KTP Dapat BLT Rp 1 Juta PKH 2023 dan Bansos El Nino Cair November-Desember 2023

Kemarau panjang ini tidak hanya membuat orang-orang kesulitan mendapatkan air, banyak petani yang gagal panen bahkan tidak bisa bercocok tanam seperti biasanya sehingga pendapatan mereka menurun.

Kerugian tidak hanya dirasakan oleh petani saja, namun juga pada profesi yang lain. Saat pendapatan menurun, daya beli dan kemampuan pemenuhan kebutuhan akan menurun pula.

Menyikapi hal tersebut pemerintah akan salurkan Bantuan Langsung Tunai sebesar Rp400 ribu per orang, yang cair pada November dan Desember 2023. Tiap bulan cair Rp200 per KPM.

Jokowi membocorkan informasi tersebut saat melakukan kunjungan di Padang. Bantuan akan langsung diberikan kepada masyarakat di 2 bulah terakhir di 2023.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah