Ada Cara Ajukan BSU 2022? Cek Status Nama Karyawan Penerima BLT Rp600 Ribu di Kemnaker

- 17 Oktober 2022, 19:31 WIB
Ilustrasi. Pencairan BSU 2022 akan kembali dilakukan via Kemnaker. Bagaimana cara ajukan diri jadi penerima BSU 2022 tersebut?
Ilustrasi. Pencairan BSU 2022 akan kembali dilakukan via Kemnaker. Bagaimana cara ajukan diri jadi penerima BSU 2022 tersebut? /UNSPLASH/Mufid Majnun

BERITA DIY - Pencairan BSU 2022 akan kembali dilakukan via Kemnaker. Bagaimana cara ajukan diri jadi penerima BSU 2022 tersebut?

BSU merupakan singkatan dari Bantuan Subsidi Upah. Jenis bansos yang satu ini disasarkan kepada para karyawan guna membantu perekonomiannya usai harga BBM naik.

Para karyawan atau buruh yang aktif bekerja di sebuah perusahaan akan menerima bantuan BSU sebesar Rp600 ribu per orang.

Syarat utama dari pengajuan penerima BSU 2022 ialah karyawan harus terdaftar dalam database peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Baca Juga: BSU 2022 Rp600 Ribu Belum Cair ke Rekening? Ini Penyebab Notifikasi BLT Subsidi Gaji Masih Calon Penerima

Hal itu kantaran Kemnaker selaku penyelenggara memakai database BPJS Ketenagakerjaan untuk penyaluran BSU 2022 yang akan diverifikasi kembali.

Dengan begitu, karyawan yang tidak menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, tidak akan menjadi penerima BSU.

Artinya, program BSU 2022 menjadi satu-satunya bansos dari pemerintah yang tidak memiliki tahapan pengajuan menjadi penerima.

Jika karyawan sudah terdaftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, maka kemungkinan besar ia akan menjadi penerima BSU 2022 secara otomatis.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x