BPNT Bulan Agustus 2022 Cair Lagi Berupa Apa? Ini Syarat Penerima Bansos Sembako Terbaru

- 25 Agustus 2022, 18:20 WIB
Ilustrasi. Cek pencairan bansos BPNT bulan Agustus 2022 cair kapan dan berupa apa.
Ilustrasi. Cek pencairan bansos BPNT bulan Agustus 2022 cair kapan dan berupa apa. /UNSPLASH/@mufidpwt

BERITA DIY - Simak info BPNT 2022 yang cair pada bulan Agustus 2022. Berupa apakah bansos BPNT bulan ini? Berikut penjelasan mengenai syarat bansos sembako terbaru.

Bantuan Pangan Non Tunai atau BPNT merupakan program bantuan sosial (bansos) yang dibuat oleh Kementrian Sosial (Kemensos). Program ini ditujukan oleh masyarakat miskin atau rentan miskin.

Seperti namanya, BPNT memang merupakan bantuan non tunai atau jenis bantuannya yaitu sembako. Namun, mulai tahun 2022, jenis bantuan tersebut telah berubah. Lantas, berupa apakah jenis bansos BPNT tersebut? Simak penjelasan berikut ini.

Baca Juga: Link Cek Daftar Penerima BLT UMKM 12,8 Juta Usaha Mikro Tahun 2022 Bantuan Rp 600 Ribu Wajib Sesuai Kriteria I

Tujuan dari bansos BPNT ini yaitu untuk membantu memenuhi kebutuhan pangan dan gizi masyarakat dengan latar belakang keluarga miskin atau rentan miskin.

Saat ini, bansos BPNT sudah tidak lagi berupa sembako, melainkan uang tunai. Sejumlah Rp 2,4 juta dicairkan kepada Penerima Manfaat (PM) dalam setahun yang dicairkan secara bertahap.

Bansos yang biasa disebut dengan bansos Kartu Sembako ini mencairkan dana kepada PM sebesar Rp 200 Ribu per bulan. Selain jenis bantuan yang berubah, skema pencairannya pun juga berubah.

Baca Juga: Cek Link Pencairan PKH Online Hari Ini, 25 Agustus 2022: Bansos Cair di Sejumlah Daerah

Jika sebelumnya disalurkan melalui rekening penerima, bansos BPNT kini disalurkan melalui Kantor Pos atau kelurahan. Untuk menerima bansos ini, masyarakat harus terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x