Cara Jadi Peserta Penerima Uang PKH Rp 3 Juta via Online di Aplikasi Cek Bansos Kemensos Lengkap Syarat Daftar

- 3 Juni 2022, 19:45 WIB
Ilustrasi cara daftar penerima PKH 2022 online mudah, hanya unduh aplikasi Cek Bansos Kemensos di HP dan ikuti langkah-langkah berikut.
Ilustrasi cara daftar penerima PKH 2022 online mudah, hanya unduh aplikasi Cek Bansos Kemensos di HP dan ikuti langkah-langkah berikut. /Tangkap layar kemensos.go.id

BERITA DIY - Simak di sini bagaimana cara jadi peserta penerima uang bansos Program Keluarga Harapan (PKH) via online di aplikasi Cek Bansos Kemensos. Ketahui apa saja syarat yang berlaku.

PKH atau Program Keluarga Harapan adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Miskin yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH.

Bantuan ini masih berlanjut Juni 2022 sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2007 silam. Sasaran penerima bantuan ini adalah masyarakat miskin.

Baca Juga: Jangan Kaget Masuk Daftar Nama Penerima BLT Anak Sekolah 2022 Usai Input NIK Kesini, Tak Dapat PKH WA Ini

Data cakupan peneirma PKH tahun 2022 total keluarga penerima manfaat terdata 10 juta KPM. Dimana alokasi budget PKH untuk 10 juta KPM pada tahun 2022 ini mencapai Rp28,7 triliun.

Perlu dicatat bahwa bansos PKH ini tidak menyasar seluruh lapisan masyarakat sebab ada kriteria-kriteria tertentu sebagai penerima.

Kriteria penerima manfaat PKH digolongan ke dalam tiga komponen, yaitu komponen kesehatan terdiri atas ibu hamil dan anak usia dini. Komponen pendidikan terdiri atas siswa SD, SMP, dan SMA, serta komponen kesejahteraan sosial terdiri atas lansia dan penyandang disabilitas.

Baca Juga: Pencairan PKH Tahap 2 Ditutup Juni 2022, Cek Nama Penerima di Sini dan Dapatkan Bantuan hingga Rp 750 Ribu

Berikut rincian dana bantuan yang diterima masing-masing kategori tersebut:

1. Ibu hamil menerima Rp 3 juta per tahun atau Rp 750 ribu per tahap

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x