Kapan PIP Kemdikbud 2022 Cair? Ini Penjelasan, Cara Cek, dan Mencairkan Dana Bantuan Siswa SD, SMP, dan SMA

- 28 Maret 2022, 08:10 WIB
Ilustrasi. Kapan PIP Kemdikbud 2022 cari? Ini penjelasan, cara cek, dan pencairan dana bantuan untuk siswa SD, SMP, dan SMA sederajat yang cair bulan ini.
Ilustrasi. Kapan PIP Kemdikbud 2022 cari? Ini penjelasan, cara cek, dan pencairan dana bantuan untuk siswa SD, SMP, dan SMA sederajat yang cair bulan ini. /PIXABAY/EmAji

BERITA DIY – Ini penjelasan kapan Program Indonesia Pintar (PIP) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan cair? Ini cara dan cek dan pemanfaatan dana bantuan untuk siswa SD, SMP, dan SMA yang mendapatkan bantuan sampai Rp1 juta.

Dalam rangka untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan keuangan dalam belajar, pemerintah mengeluarkan program PIP Kemdikbud. Program ini akan memberi bantuan uang tunai kepada siswa yang dipilih secara langsung.

Setiap jenjang pendidikan, bantuan yang diberikan pemerintah berbeda-beda. Seperti yang dikutip BERITA DIY dari pip.kemdikbud.go.id menjelaskan bahwa siswa SMA akan diberi bantuan Rp1 juta selama satu tahun yang diberikan 2 kali.

Baca Juga: Cara Cek Bantuan Program PIP Indonesia Pintar di Laman Resmi pip.kemdikbud.go.id untuk SD, SMP, dan SMA SMK

Sedangkan bantuan PIP Kemdikbud untuk siswa SMP akan mendapatkan Rp750 ribu dan siswa SD akan mendapatkan Rp500 ribu. Pencairan dana akan dilakukan dua kali dalam setahun pelajaran.

Dengan adanya bantuan dana PIP Kemdikbud ini, siswa dari keluarga miskin, rentan miskin, serta kurang mampu diharapkan dapat menempuh pendidikan yang layak.

Untuk bantuan dana PIP Kemdikbud 2022 sudah dapat dicairkan pada bulan ini, Maret 2022. Menurut penjelasan Puslapdik Kemdikbud Ristek, untuk tanggal terbit sudah bisa dilakukan mulai tanggal 14 Maret 2022 lalu.

Baca Juga: Cara Daftar Bansos PIP Program Indonesia Pintar: Info Penggunaan, Pengecekan, dan Mencairkannya

Selain itu, pihak Puslapdik Kemdikbud Ristek juga sudah selesai mentransfer dana bantuan PIP Kemendikbud pada tanggal 12 Maret 2022 ke rekening penerima bantuan.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x