Cara Cek Bantuan PIP Program Indonesia Pintar di Laman Resmi pip.kemdikbud.go.id untuk SD, SMP, dan SMA SMK

- 26 Maret 2022, 17:40 WIB
ilustrasi - Cara cek data di pip.kemdikbud.go.id untuk dapatkan bantuan Program Indonesia Pintar dan dapatkan uang hingga 1 juta per tahunnya.
ilustrasi - Cara cek data di pip.kemdikbud.go.id untuk dapatkan bantuan Program Indonesia Pintar dan dapatkan uang hingga 1 juta per tahunnya. /PIXABAY/Udikart

BERITA DIY – Simak cara cek penerima Program Indonesia Pintar (PIP) yang diberikan oleh pemerintah kepada siswa-siswi SD, SMP, dan SMA/SMK.

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementerian Sosial (Kemensos), dan Kementerian Agama (Kemenag) meluncurkan program kerja sama untuk meningkatkan pendidikan di Indonesia, yaitu PIP atau Program Indonesia Pintar.

PIP sendiri diserahkan pengerjaannya pada Dinas Pendidikan Provinsi dan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia. Program ini dilakukan untuk mendukung anak usia sekolah (6-21 tahun) yang berasal dari keluarga tidak mampu.  

Baca Juga: Cara Daftar Bansos PIP Program Indonesia Pintar: Info Penggunaan, Pengecekan, dan Mencairkannya

Program PIP akan mengucurkan dana yang dapat digunakan untuk membantu biaya personal pendidikan peserta didik, seperti pembelian perlengkapan sekolah, uang transportasi dan uang saku, serta biaya praktik tambahan.

Berikut sasaran penerima Program Indonesia Pintar (PIP):

  1. Peserta didik pemegang KIP
  2. Peserta didik dari keluarga miskin/rentan miskin dengan pertimbangan khusus
  3. Peserta didik SMK yang menempuh studi keahlian kelompok bidang: Pertanian, Perikanan, Peternakan, Kehutanan, Pelayaran, dan Kemaritiman.

Baca Juga: Apa Itu PIP Kemendikbud? Simak Cara Cek dan Syarat Pencairan Dana Bantuan SD, SMP, serta SMA

Nilai bantuan PIP yang diberikan oleh pemerintah akan berbeda pada setiap jenjang pendidikannya. Rincian pengkategorian bantuan tersebut adalah:

-        SD/MI/Paket A sebanyak Rp450 ribu rupiah per tahunnya,

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x