Cara Cek Pencairan Bansos PBI Melalui cekbansos.kemensos.go.id Bantuan Kesehatan dari Pemerintah

- 26 Maret 2022, 18:38 WIB
Ilustrasi cara cek bansos PBI melalui laman resmi Kemensos di cekbansos.kemensos.go.id yang merupakan bantuan kesehatan dari pemerintah Indonesia.
Ilustrasi cara cek bansos PBI melalui laman resmi Kemensos di cekbansos.kemensos.go.id yang merupakan bantuan kesehatan dari pemerintah Indonesia. /PIXABAY/Ekoanug

BERITA DIY – Cara cek bansos (bantuan sosial) PBI atau Penerima Bantuan Iuran dari pemerintah Indonesia melalui Kemensos yang diberikan dalam masa pandemi Covid-19 saat ini.

Dilansir oleh BERITA DIY dari jkn.kemkes.go.id, bansos PBI merupakan bantuan iuran pembayaran jaminan kesehatan BPJS bagi masyarakat yang kurang mampu.

Program PBI ini diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan dibagi menjadi dua kelompok, yaitu:

Baca Juga: Cara Daftar Bansos PIP Program Indonesia Pintar: Info Penggunaan, Pengecekan, dan Mencairkannya

  1. PBI Jaminan Kesehatan.

Penerima Bantuan Iuran (PBI) adalah peserta Jaminan Kesehatan bagi fakir miskin dan orang tidak mampu sebagaimana diamanatkan UU SJSN yang iurannya dibayar Pemerintah sebagai peserta program Jaminan Kesehatan. Peserta PBI adalah fakir miskin yang ditetapkan oleh Pemerintah dan diatur melalui Peraturan Pemerintah.

  1. Bukan PBI jaminan kesehatan.

Peserta bukan PBI jaminan kesehatan terdiri dari:

-        Pekerja penerima upah dan anggota keluarganya.

-        Pekerja bukan penerima upah dan anggota keluarganya.

-        Bukan pekerja dan anggota keluarganya

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x