Apa Arti Pasar Persaingan Sempurna dan Monopolistik, Ketahui Contoh Barang yang Pernah Dimonopoli

- 4 Februari 2022, 17:00 WIB
Ilustrasi - Ketahui arti pasar persaingan sempurna dan monopolistik serta contoh barang dan perbedaan.
Ilustrasi - Ketahui arti pasar persaingan sempurna dan monopolistik serta contoh barang dan perbedaan. /PIXABAY/rbrudolph

BERITA DIY - Berikut merupakan penjelasan arti mengenai pasar persaingan sempurna dan monopolistik lengkap dengan perbedaan keduanya serta contoh barang yang dapat dimonopoli.

Dalam ilmu ekonomi diketahui bahwa terdapat salah satu hal yang kemudian disebutkan dengan kegiatan ekonomi yang biasanya dilakukan oleh masyarakat ekonomi.

Peristiwa kegiatan ekonomi itu sendiri seperti yang diketahui dapat dilakukan atau dilaksanakan ketika terpenuhinya beberapa unsur, seperti adanya penjual, pembeli, dan adanya barang yang dijual.

Baca Juga: Harga Bitcoin, Ethereum, Shiba Inu dan Dogecoin di Pasar Kripto Hari Ini, 21 Desember 2021: Sama-sama Naik

Sementara itu tempat terjadinya kegiatan ekonomi tersebut dapat dilakukan pada suatu tempat yang disebut dengan Pasar atau ruang yang mempertemukan antara penjual dan pembeli yang menawarkan barang.

Dalam ilmu ekonomi sendiri, diketahui bahwa pasar memiliki sejumlah pembagian. Seperti yang diketahui bahwa dikenal dengan adanya sistem Pasar Persaingan Sempurna dan Pasar Monopolistik.

Lantas seperti apakah arti dibalik pasar persaingan sempurna dan apa perbedaan dengan pasar monopolistik? Simak ulasan lengkapnya berdasarkan contoh barang yang diperdagangkan.

Baca Juga: Periksa Status Penerima BPNT Februari 2022 Lewat Link dan Aplikasi, Rp 2,4 Juta Bisa Didapatkan di Tahun Ini

Berdasarkan pada jurnal yang diakses melalui laman umsida.ac.id, diketahui bahwa makna atau arti Pasar Persaingan Sempurna yaitu adalah suatu kondisi yang terjadi sangat seimbang dalam kegiatan ekonomi.

Adanya pasar persaingan sempurna dapat dilakukan atau dapat terjadi ketika jumlah yang ada antara penjual maupun pembeli dari barang yang dibutuhkan itu memiliki jumlah yang sama atau seimbang.

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x