Kartu Prakerja Gelombang 23 Buka Tahun 2022! Begini Cara Daftar di prakerja.go.id dan Syarat Dapat Rp3,55 Juta

- 23 Desember 2021, 11:06 WIB
Kartu Prakerja gelombang 23 segera dibuka tahun 2022! Begini cara daftar di prakerja.go.id dan syarat dapat bantuan insentif Rp3,55 juta.
Kartu Prakerja gelombang 23 segera dibuka tahun 2022! Begini cara daftar di prakerja.go.id dan syarat dapat bantuan insentif Rp3,55 juta. /https://www.prakerja.go.id/

BERITA DIY - Kartu Prakerja gelombang 23 akan segera dibuka kembali tahun 2022. Begini cara daftar di prakerja.go.id dan syarat dapat bantuan insentif Rp3,55 juta.

Kartu Prakerja merupakan program semi-bansos yang sudah bergulir sejak bulan April tahun 2022. Disebut semi-bansos karena masyarakat tidak hanya mendapatkan uang bantuan tapi juga mendapatkan pelatihan ketrampilan.

Program Kartu Prakerja terakhir adalah gelombang 22 yang ditutup pada bulan November 2021 kemarin. Sampai ditutup bulan kemarin, 11,4 juta orang tercatat berhasil lolos dan dapat insentif Rp3,55 juta.

Baca Juga: Simak Syarat Kartu Prakerja untuk Mendaftar Tahun Depan di www.prakerja.go.id, Gelombang 23 Dibuka 2022

Sebelumnya pemerintah telah mengatakan bahwa Kartu Prakerja akan kembali dibuka di tahun 2022. Rencananya program dibuka akhir Januari atau awal Februari tahun depan.

"Kartu Prakerja akan dimulai kembali pada akhir Januari atau awal Februari 2022 pada gelombang 23 dengan total anggaran Rp11 triliun," Kata Menko Perekonomian Airlangga Hartanto dalam konferensi pers Penutupan Seri Program Kartu Prakerja Tahun 2021 secara daring, Rabu 15 Desember 2021.

Melalui Kartu Prakerja, masyarakat yang lolos sebagai peserta program ini akan mendapatkan bantuan insentif sebesar Rp3,55 juta.

Baca Juga: Login Dashboard Kartu Prakerja, Catat Ini dan Masukkan Kesini! Jangan Kaget Dapat Rp10 Juta di Akhir Desember

Insentif yang diterima oleh tiap peserta terdiri dari Saldo Pelaihan (Rp1 juta), Insnetif Pokok (Rp2,4 juta) dan Insnetif Tambahan (Rp150 ribu).

Insentif Saldo Pelatihan sebesar Rp1 juta tidak bisa dicairkan, melainkan dipakai untuk membeli pelatihan untuk meningkakan ketrampilan.

Sementara insnetif yang bisa dicairkan adalah Insentif Pokok Rp2,4 juta yang cair empat kali, dimana peserta akan menerima dana sebesar Rp600 ribu selama empat bulan.

Adapun insentif terakhir yaitu Insentif Tambahan sebesar Rp150 ribu bisa didapatkan setelah menyelesaikan survei sebanyak tiga kali. Setiap survei bernilai Rp50 ribu.

Baca Juga: Belum Lolos Kartu Prakerja? Ikuti Gelombang 23 yang Dibuka Tahun 2022 dan Dapatkan Insentif Total Rp 3,55 Juta

Syarat Lolos Kartu Prakerja Gelombang 23

- WNI berusia minimal 18 tahun

- Pencari kerja atau pekerja yang terkena PHK

- Bukan pelajar atau mahasiswa

- Bukan ASN, pejabat negara, pejabat daerah, pejabat pemerintahan, anggota TNI/Polri, karyawan BUMN/BUMD, DPR/DPRD/DPD

- Pekerja atau pengusaha yang ingin meningkatkan ketrampilan

Baca Juga: Selamat Pemilik KTP Ini Bisa Dapat Rp 2,5 Juta, Daftar Online Kartu Prakerja Gelombang 23 yang Siap Dibuka

Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 23

- Masuk situs www.prakerja.go.id

- Buat akun menggunakan alamat email

- Isi data diri secara lengkap

- Unggah foto KTP

- Ikuti test

- Klik gabung

- Peserta yang lolos akan menerima pemberitahuan melalui SMS, email dan WA

Demikian informasi cara daftar Kartu Prakerja gelombang 23 tahun 2022 di prakerja.go.id dan syarat dapat bantuan insentif Rp3,55 juta.***

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x