BSU Gagal Cair ke 4 Rekening Ini di Bulan Desember, Cek BLT Subsidi Gaji via WA BPJS Ketenagakerjaan

- 2 Desember 2021, 20:30 WIB
Ilustrasi karyawan menerima BSU atau BLT Subsidi Gaji Rp1 juta di bulan Desember.
Ilustrasi karyawan menerima BSU atau BLT Subsidi Gaji Rp1 juta di bulan Desember. /PIXABAY/Raten Kauf

BERITA DIY - Simak empat rekening yang gagal dapat BSU di bulan Desember beserta nomor WhatsApp/WA BPJS Ketenagakerjaan untuk cek status bantuan yang sering disevut BLT Subsidi Gaji ini.

BSU/BLT Subsidi Gaji dengan besaran Rp1 juta diberikan kepada karyawan yang terdampak oleh pandemi. Bantuan mulai ditransfer ke rekening pekerja sejak bulan Agustus lalu dan akan rampung bulan Desember 2021 ini.

Kemnaker yang bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan telah berhasil mendistribusi BSU kepada 7,1 juta penerima per November. Sementara pemerintah menargetkan total 8,7 juta pekerja/buruh yang menerima manfaat BLT Subsidi Gaji.

Baca Juga: BLT Subsidi Gaji Hangus 14 Hari Lagi! Cek Penerima di bsu.kemnaker.go.id, Ini Cara Cairkan BSU Desember 2021

Namun ada syarat yang harus dipenuhi oleh karyawan untuk mendapat BSU, di antaranya harus berstatus sebagai WNI yang dibuktikan dengan KTP sah.

Para pekerja juga harus rutin membayar iuran BPJS Ketenagakerjaan hingga akhir Juni 2021 agar NIK terdaftar sebagai calon penerima BLT Subsidi Gaji.

Ada beberapa sektor usaha yang berhak BSU, di antaranya industri barang konsumsi, transportasi, aneka industri, properti dan real estate serta perdagangan dan jasa sesuai klafisikasi data sektoral BPJS Ketenagakerjaan.

Baca Juga: Cek BSU Desember 2021 Kapan Cair BUKAN di BPJS Ketenagakerjaan, Ini 3 Cara Ambil BLT Subsidi Gaji Rp 1 Juta

Perihal gaji, BSU dikhususkan kepada buruh yang memiliki gaji di bawah Rp3,5 juta. Pengecualian bagi daerah dengan UMK/UMP tinggi, maka ketentuan batas ambang gaji dilihat dari UMK/UMP wilayah tersebut.

Bantuan Rp1 juta juga tak akan diberikan kepada karyawan yang sebelumnya telah terima bantuan lain dari pemerintah seperti Kartu Prakerja, BPUM, BPNT, PKH, BST, dll.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x