Peta Tol Jogja Solo Terbaru, Sedang Dibangun: Begini Nasib Bangunan Bersejarah dan Cagar Budaya

- 17 Januari 2023, 10:30 WIB
Ilustrasi - Penjelasan nasib bangunan bersejarah dan cagar budaya lengkap dengan peta jalan tol Jogja Solo hingga bandara YIA Kulonprogo.
Ilustrasi - Penjelasan nasib bangunan bersejarah dan cagar budaya lengkap dengan peta jalan tol Jogja Solo hingga bandara YIA Kulonprogo. /PIXABAY/andreas160578

BERITA DIY - Simak informasi peta jalan tol Jogja Solo terbaru yang sedang dibangun lengkap dengan informasi nasib bangunan bersejarah, makam keramat dan cagar budaya yang dilewati.

Pengerjaan proyek jalan Tol Jogja Solo sepanjang 96,57 kilometer yang akan berakhir di bandara Yogyakarta International Airport (YIA) Kulonprogo telah dimulai.

Dilansir dari laman bpjt.pu.go.id, pelaksanaan konstruksi suah memasuki pengerjaaan seksi 1 ruas Kartosuro-Purwomartani.

Lantas, bagaimana nasib bangunan bersejarah cagar budaya dan makam keramat yang kemungkinan akan dilewati oleh Jalan Tol yang menghubungkan Jawa Tengah dan Yogyakarta ini?

Baca Juga: Rute Tol Jogja - Bawen Terbaru 2023, Ini Daerah yang Lahannya Bakal Dibebaskan: Siap Jadi Miliarder?

Seperti yang diketahui, beberapa daerah di Yogyakarta maupun di Jawa Tengah memiliki banyak kearifan lokal seperti bangunan bersejarah, situs cagar budaya dan bahkan juga makam keramat.

Hal ini tentunya, wajib menjadi perhatian dari pihak pengembang jalan Tol Jogja Solo ini. Pemerintah Kabupaten Kulonprogo juga telah meminta hal ini pada pihak kontraktor jalan Tol Jogja Solo.

Pemerintah melalui Kementerian PUPR pun memiliki pemikiran yang salam untuk memperhatikan kearifan lokal, bangunan bersejarah dan situs cagar budaya dan purbakala yang ada.

Baca Juga: Kapan Tol Jogja Cilacap Akan Beroperasi? Ini Tahapan Pembangunan dan Peta Jalan Terbaru

Halaman:

Editor: Sani Charonni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x