Apa Itu Hari Sejuta Kiblat? Ini Cara Daftar Kegiatan 27-28 Mei 2024 dari Kemenag

- 27 Mei 2024, 16:17 WIB
Ka'bah / Informasi apa itu Hari Sejuta Kiblat dan cara daftar kegiatan 27-28 Mei 2024 dari Kemenag. Mengukur arah kiblat.
Ka'bah / Informasi apa itu Hari Sejuta Kiblat dan cara daftar kegiatan 27-28 Mei 2024 dari Kemenag. Mengukur arah kiblat. /UNSPLASH/@konevi

BERITA DIY - Berikut informasi apa itu Hari Sejuta Kiblat dan cara daftar kegiatan 27-28 Mei 2024 dari Kemenag.

Hari Sejuta Kiblat merupakan kegiatan yang digelar oleh Kementerian Agama (Kemenag) pada 27-28 Mei 2024.

Lantas, apa itu Hari Sejuta Kiblat?

Hari Sejuta Kiblat adalah suatu hari yang digunakan untuk mengukur kiblat. Nantinya dalam pengukuran, memanfaatkan Rahshdul Qiblah atau momentum ketika matahari melintasi tepat di atas Ka'bah.

Baca Juga: Berapa Besar Biaya Haji Plus 2024? Cek di Sini untuk Besar Biaya, Persyaratan, dan Masa Tunggunya! 

Dinamakan Hari Sejuta Kiblat karena dalam prosesnya akan melibatkan lebih dari satu juta masyarakat untuk mengukur kiblat secara serentak di seluruh wilayah Indonesia.

Perlu dicermati bahwa kegiatan ini bukan untuk mengubah arah kiblat, melainkan memberikan informasi kepada masyarakat bahwa bahwa di momen tersebut masyarakat dapat mengukur arah kiblat dengan mudah.

Hari Sejuta Kiblat

Secara astronomi, matahari akan berada tepat di atas Ka'bah sebanyak dua kali dalam setahun yakni pada 27-28 Mei dan 15-16 Juli.

Peristiwa ini berkaitan berkaitan dengan momentum saat deklinasi matahari sama dengan lintang geografis Ka'bah yang mengakibatkan bayang-bayang benda saat itu akan terlihat lurus ke arah kiblat yang mengarah Ka'bah.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah