Apa Itu Tantrum? Kenali Jenis Tantrum pada Anak dan Cara Mengatasinya

- 23 April 2024, 19:49 WIB
Ilustrasi. apa itu tantrum serta jenis tantrum pada anak dan cara mengatasinya.
Ilustrasi. apa itu tantrum serta jenis tantrum pada anak dan cara mengatasinya. /Pexel/mohamed abdelghaffar

BERITA DIY - Cari informasi apa itu tantrum pada remaja, ciri anak tantrum, bahaya tantrum, penyebab anak tantrum, dan cara mengatasi tantrum di sini.

Tantrum adalah momen di mana seorang anak mengekspresikan emosinya dengan berbagai cara, seperti menangis keras, berguling-guling di lantai, atau bahkan melempar barang.

Umumnya, tantrum terjadi pada anak usia 1-4 tahun karena mereka belum mampu menyampaikan keinginan mereka secara verbal.

Tantrum adalah hal yang lumrah terjadi pada anak-anak, sehingga orang tua tidak perlu terlalu khawatir. Terdapat beberapa jenis tantrum pada anak yang perlu diketahui oleh orang tua agar mereka dapat mengatasinya dengan tepat.

Baca Juga: Anak Tantrum Karena Apa? Apakah Berbahaya? Ini Penyebab dan Tips Menghadapi Anak Tantrum, Ibu Jangan Emosi

Jenis tantrum pada anak

Melansir siloamhospitals.com, berikut adalah beragam jenis tantrum pada anak yang perlu diketahui orang tua agar dapat mengatasinya secara tepat antara lain:

1. Tantrum Manipulatif

Tantrum manipulatif muncul saat keinginan anak tidak terpenuhi dengan baik. Anak akan tantrum dengan cara dibuat-buat untuk mendorong orang lain, khususnya orang tua, memenuhi keinginannya.

Tidak semua anak tantrum ketika dihadapkan pada kondisi tersebut, tapi tantrum jenis ini seringkali terjadi karena anak mengalami penolakan atas apa yang diinginkannya.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x