Kapan Hari Buruh 2024, Apakah May Day 1 Mei Libur Tanggal Merah? Cek Isi SKB 3 Menteri Terbaru

- 23 April 2024, 12:45 WIB
Ilustrasi. Ketahui kapan Hari Buruh 2024, apakah May Day 1 Mei libur tanggal merah? Cek isi SKB 3 Menteri terbaru di sini.
Ilustrasi. Ketahui kapan Hari Buruh 2024, apakah May Day 1 Mei libur tanggal merah? Cek isi SKB 3 Menteri terbaru di sini. /PIXABAY/satyatiwari

BERITA DIY - Ketahui kapan Hari Buruh 2024, apakah May Day 1 Mei libur tanggal merah? Cek isi SKB 3 Menteri terbaru di sini.

Hari Buruh Internasional atau yang dikenal juga dengan May Day, diperingati setiap tanggal 1 Mei. Tahun ini, Hari Buruh jatuh pada hari Rabu, 1 Mei 2024.

Namun, pertanyaan yang sering muncul adalah, apakah Hari Buruh termasuk libur tanggal merah? Mari kita cermati fakta-faktanya.

Bagaimana sejarah Hari Buruh Internasional?

Sejarah Hari Buruh Internasional dimulai ketika pada penghujung abad ke-18 tepatnya pada 1 Mei 1886, terjadi unjuk rasa dan mogok kerja besar-besaran yang dilakukan oleh para buruh di Haymarket, Chicago, Amerika Serikat.

Baca Juga: 17 Link Twibbon Hari Buruh Internasional 2023 May Day Beserta Caption Ucapan Selamat, Bagikan ke IG dan FB

Para buruh menuntut keseimbangan jam kerja, dalam tuntutannya mereka meminta jam kerja dikurangi menjadi 8 jam per hari. Meski diwarnai dengan jatuhnya korban jiwa, para buruh tetap tidak surut dalam memperjuangkan hak mereka.

Aksi itu terus dilakukan hingga beberapa tahun kemudian tepatnya pada 1916, suara dan tuntutan mereka ditanggapi oleh penguasa Amerika Serikat, dengan menetapkan 8 jam kerja ke dalam undang-undang.

Ini sejarah Hari Buruh di Indonesia

Di Indonesia, Hari Buruh Internasional resmi ditetapkan sebagai hari buruh internasional alias tanggal merah melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2013 tentang penetapan tanggal 1 Mei sebagai hari libur.

Dengan demikian, pemberlakuan 1 Mei menjadi tanggal merah atau hari libur nasional efektif dilakukan sejak 1 Mei 2014. Tanggal 1 Mei 2024 menjadi kali kesebelas Hari Buruh Internasional ditetapkan sebagai hari libur nasional di Indonesia.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x