5 Contoh Puisi Hari Kartini 2024 yang Menyentuh Hati, Singkat, dan Penuh Makna

- 20 April 2024, 12:36 WIB
Berikut ini adalah lima contoh puisi untuk Hari Kartini 2024. Tentunya puisi yang menyentuh hati, singkat, dan penuh makna.
Berikut ini adalah lima contoh puisi untuk Hari Kartini 2024. Tentunya puisi yang menyentuh hati, singkat, dan penuh makna. /Freepik/free-vector

BERITA DIY - Berikut ini adalah lima contoh puisi untuk peringatan Hari Kartini 2024. Tentunya dapat menyentuh hati, singkat, dan penuh makna. 

Salah satu pahlawan perempuan nasional yang jasanya masih dikenang saat ini adalah Raden Ajeng Kartini. Dirinya dinobatkan sebagai pahlawan perempuan nasional lantaran perjuangannya dalam kesetaraan antara laki-laki dan wanita. 

R.A Kartini berjuang agar derajat wanita Indonesia bisa terangkat dan tidak dipandang sebelah mata, terutama dalam hal pendidikan. 

Perjuangan R.A Kartini untuk memperjuangkan wanita dikarenakan pada zaman kolonial, seorang wanita yang diperbolehkan mengenyam pendidikan adalah mereka yang berasal dari kaum bangsawan terhormat. 

Baca Juga: Contoh Teks Riwayat Singkat RA Kartini untuk Upacara Bendera Hari Kartini 21 April 2024, RESMI Kemdikbud

Namun, dengan kemurahan hati R.A Kartini, dirinya berjuang melawan hal tersebut. Dirinya memperjuangkan emansipasi wanita berkat buah pikiran dan tulisannya. 

Hari peringatan R.A Kartini diambil dari hari kelahirannya di tanggal 21 April. Dirinya banyak menginspirasi banyak kaum wanita Indonesia. 

R.A Kartini wafat pada tanggal 17 September 1904. Namun, nama dan jasanya akan selalu dikenang dan dirinya dinobatkan sebagai pahlawan nasional perempuan. 

Biasanya, peringatan Hari Kartini diisi dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat. Untuk merayakannya, bisa dengan mengadakan lomba pidato dengan tema perempuan atau membaca puisi tentang Ibu Kartini.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah