Bacaan Sungkem Lebaran Bahasa Jawa Halus ke Orang Tua Lengkap Artinya dalam Indonesia Singkat

- 10 April 2024, 04:00 WIB
Ilustrasi. Bacaan sungkem lebaran bahasa jawa halus ke orang tua lengkap dengan artinya dalam bahasa Indonesia singkat.
Ilustrasi. Bacaan sungkem lebaran bahasa jawa halus ke orang tua lengkap dengan artinya dalam bahasa Indonesia singkat. /PIXABAY/OzgarJan/

BERITA DIY – Simak kumpulan kata-kata atau bacaan sungkem lebaran dalam Bahasa Jawa halus ke orang tua lengkap dengan artinya dalam Bahasa Indonesia yang singkat untuk digunakan pada hari raya idul fitri 2024, berikut ini.

Hari ini umat muslim di seluruh Indonesia merayakan hari raya idul fitri atau lebaran 2024 secara bersamaan. Tepat pada hari ini pula banyak masyarakat yang saling bersilaturahmi kepada keluarga, saudara, tetangga dan teman-teman.

Salah satu tradisi di hari raya idul fitri atau lebaran yang tidak bisa dipisahkan di Indonesia khususnya di Pulau Jawa adalah sungkeman kepada orang tua.

Sungkeman merupakan tradisi bersimpuh atau duduk berjongkok sambil mencium tangan orang tua yang dilakukan pada sejumlah acara termasuk hari raya idul fitri dan pernikahan adat Jawa.

Baca Juga: 20 Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H Islami Untuk Teman, Kerabat, Pimpinan, atau Caption Sosmed 

Khusus untuk tradisi sungkeman lebaran idul fitri, para anak biasanya akan sungkem ke orang tua dan menyampikan ucapan maaf atas segala perbuatan dan perkataan serta mengucapkan selamat hari raya idul fitri.

Tak sedikit masyarakat yang masih menjalankan tradisi sungkeman lebaran ini serta tak sedikit pula yang masih menggunakan Bahasa jawa halus untuk menyampaikan maksud sungkeman di hari raya lebaran ini.

Jika Anda kebingungan dengan kata-kata apa yang diucapkan saat sungkeman lebaran 2024, berikut teks bacaan sungkemen lebaran Bahasa jawa halus kepada orang tua yang dapat dijadikan panduan.

Tersedia pula terjemahan atau kalimat artinya dalam Bahasa Indonesia agar Anda memahami kata-kata apa yang Anda ucapkan kepada orang tua pada momen sungkeman hari raya lebaran 2024 ini.

Halaman:

Editor: Sani Charonni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x