Berapa Besaran Zakat Fitrah 2024 untuk 1 Orang? CEK Jumlah Zakat Beras dan Uang yang Harus Dibayar

- 3 April 2024, 12:15 WIB
Ilustrasi - Beras zakat, berapa besaran zakat fitrah Ramadhan 2024 untuk 1 orang, cek jumlah zakat beras atau uang yang harus dibayar umat Islam.
Ilustrasi - Beras zakat, berapa besaran zakat fitrah Ramadhan 2024 untuk 1 orang, cek jumlah zakat beras atau uang yang harus dibayar umat Islam. /Tangkap layar instagram.com/@baznasindonesia

BERITA DIY - Informasi berapa besaran zakat fitrah 2024 untuk 1 orang, cek jumlah zakat beras atau uang yang harus dibayar.

Pada saat bulan Ramadhan, umat Islam selain diwajibkan untuk menjalankan puasa selama sebulan penuh juga wajib untuk membayar zakat.

Ketahui besaran zakat fitrah 2024 per 1 orang, cek jumlah zakat beras berapa kg maupun rupiah uang yang harus dikeluarkan.

Zakat menempati urutan ketiga dalam rukun Islam, dan bisa dibayarkan sejak awal Ramadhan hingga sebelum sholat Idul Fitri di gelar.

Baca Juga: Cara Bayar Zakat Fitrah Online Lewat Baznas di baznas.go.id/bayarzakat

Zakat fitrah sendiri diniatkan untuk membersihkan diri dari dosa selama Ramadhan maupun agar lebih dekat kepada sang Pencipta.

Umumnya berapa besaran zakat dapat dihitung berdasarkan jumlah tertentu dari jenis makanan pokok yang dikonsumsi oleh masyarakat setempat.

Seperti halnya beras, gandum, atau kurma, tetapi jika di Indonesia zakat fitrah dibayar dalam bentuk beras ataupun uang.

Jika dilansir BERITA DIY dari laman Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI, besaran zakat fitrah berupa beras untuk 1 orang dapat dibayarkan mulai 2,5 kg beras atau setara dengan 3,5 liter beras premium.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x