Apa Itu Tuguran Kamis Putih? Ini Penjelasan dan Tata Cara Ibadat Usai Misa

- 28 Maret 2024, 11:30 WIB
Apa itu Tuguran Kamsi Putih dan tata cara ibadat serta berdoa bagi Umat Katolik setelah Misa Kamis Putih.
Apa itu Tuguran Kamsi Putih dan tata cara ibadat serta berdoa bagi Umat Katolik setelah Misa Kamis Putih. /PIXABAY/Eucharist/

BERITA DIY - Simak penjelasan apa itu tuguran Kamis Putih lengkap dengan tata cara ibadat usai perayaan Misa Kamis Putih, berikut ini.

Umat Katolik akan memasuki Tri Hari Suci atau Tri Hari Paskah pada hari ini Kamis, 28 Maret 2024. Perayaan Tri Hari Suci akan dimulai dengan Misa Kamis Putih petang hari ini.

Pada Misa Kamis Putih ini, umat Katolik memperingati peristiwa perjamuan terakhir Yesus Kristus bersama para murid. Terdapat beberapa peristiwa penting yang terjadi pada Kamis Putih ini termasuk peristiwa Yesus yang membasuh kaki para murid.

Jika menilik Kitab Suci, pada malam ini pula Tuhan Yesus akan berdoa di Taman Getsemani sebelum akhirnya diadili dan memanggul salib ke Gunung Golgota.

Baca Juga: Daftar Promo Midnight Sale Mall di Jakarta Jelang Lebaran 2024, Ini Jadwal Tanggal dan Jam Midnight Sale

Seluruh peristiwa Kamis Putih tersebut akan dikemas dalam rangkaian liturgi mulai dari pembukaan, liturgi sabda, pembasuhan kami, liturgi ekaristi dan diakhiri dengan pemindahan sakramen mahakudus dan tuguran.

Banyak yang belum mengetahui apa itu Tuguran pada Kamis Putih dan bagaimana tata cara ibadat usai misa kamis putih selesai.

Berbeda dengan perayaan ekaristi lainnya, Misa Kamis Putih tidak ditutup dengan berkat perutusan, melainkan dengan pentahtaan Sakramen Mahakudus dan Tuguran.

Dilansir dari laman Gereja Santa Bernadet Tangerang, Tuguran Kamis Puih merupakan ibadat adorasi yang berarti menyembah atau memuja Tubuh Kristus.

Halaman:

Editor: Sani Charonni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x