Kapan Nuzulul Quran 2024? Tanggal Berapa? Cek Jadwalnya di Bulan Ramadan

- 21 Maret 2024, 15:30 WIB
Informasi kapan dan tanggal berapa Nuzulul Qur'an diperingati di bulan Ramadan 1445 Hijriah menurut Kemenag dan PP Muhammadiyah.
Informasi kapan dan tanggal berapa Nuzulul Qur'an diperingati di bulan Ramadan 1445 Hijriah menurut Kemenag dan PP Muhammadiyah. ///Pixabay/Pexels

BERITA DIY - Salah satu peristiwa penting dalam Islam ketika bulan Ramadhan adalah Nuzulul Quran.

Lalu, kapan dan tanggal berapa Nuzulul Qur'an diperingati di bulan Ramadan 1445 Hijriah ini?

Nuzulul Qur'an adaah peristiwa diturunkannya Al-Qur'an kepada nabi Muhammad SAW.

Nuzulul Qur'an diperingati setiap tanggal 17 Ramadan, waktu di mana Malaikat Jibril menyampaikan wahyu tersebut kepada Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga: Bacaan Doa Malam Nuzulul Quran Bulan Ramadhan 2023 yang Bisa Diamalkan Umat Islam: Lengkap Latin dan Artinya

Dasar dari peringatan Nuzulul Qur'an pada tanggal 17 Ramadan adalah berdasarkan tafsiran dari Q.S. Al-Anfal: Ayat 41 (menurut Imam Ibnu Katsir dalam kitabnya al-Bidayah wa an-Nihayah), yang artinya sebagai berikut:

"Ketahuilah, sesungguhnya apa saja yang dapat kamu peroleh sebagai rampasan perang, maka sesungguhnya seperlima untuk Allah, Rasul, kerabat Rasul, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan ibnussabil, jika kamu beriman kepada Allah dan kepada apa yang kami turunkan kepada hamba Kami (Muhammad) di hari Furqaan, yaitu di hari bertemunya dua pasukan. Dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu."

Jadwal Nuzulul Qur'an Ramadan 2024

Berikut informasi tanggal berapa masehi Nuzulul Qur'an pada 17 Ramadhan 1445 Hijriah menurut hasil sidang isbat rukyat hilal oleh Kemenag dan menurut hasil hisab oleh PP Muhammadiyah.

Baca Juga: Amalan Ibadah Malam Nuzulul Quran: Lengkap dengan Bacaan Doa Bahasa Arab dan Artinya

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x