Sejarah Hari Raya Kuningan dan Ide Ucapan yang Penuh Makna Pada 9 Maret 2024:

- 8 Maret 2024, 17:31 WIB
Ilustrasi - Informasi sejarah lengkap Hari Raya Kuningan dan ide ucapan yang penuh makna pada Sabtu, 9 Maret 2024.
Ilustrasi - Informasi sejarah lengkap Hari Raya Kuningan dan ide ucapan yang penuh makna pada Sabtu, 9 Maret 2024. /Pixabay/ inno kurnia

 

BERITA DIY - Berikut ini adalah informasi tentang Hari Raya Kuningan yang akan dilaksanakan Sabtu, 9 Maret 2024 lengkap dengan sejarah, ide ucapan dan balasan yang penuh makna. 

Hari Raya Kuningan merupakan sebuah perayaan yang dilakukan oleh umat Hindu di Indonesia khususnya di Pulau Bali. 

Hari Raya Kuningan 2024 dirayakan dua kali dalam setahun, yakni pada 9 Maret 2024 dan 5 Oktober 2024. Penetapan Hari Raya Kuningan tersebut berdasarkan pada kalender Bali.

Melansir dari website resmi Kabupaten Buleleng Hari Raya Kuningan adalah hari raya suci yang diperingati umat Hindu untuk memohon keselamatan, perlindungan, dan tuntunan lahir batin kepada Dewa, Bhatara, dan para Pitara. Hari Raya Kuningan juga kerap disebut Tumpek Kuningan.

Baca Juga: Kumpulan Ucapan Hari Raya Kuningan 2024 dalam Bahasa Bali dan Artinya, Singkat tapi Punya Makna Mendalam

Hari Raya Kuningan ini juga merupakan rangkaian Hari Raya Galungan. Oleh karenanya, sejarah dari Hari Raya Kuningan juga berkaitan dengan Hari Raya Galungan tersebut. 

Melansir dari situs resmi Kabupaten Badung, umat Hindu merayakan hari raya kemenangan dharma melawan adharma ini sejak sekitar 1.200 tahun silam. 

Menurut Lontar Purana Bali, Dwipa pertama kali dirayakan tahun 882 Masehi. Kata Kuningan berasal dari kata "uning" yang artinya "ingat". Kuningan juga bisa berasal dari "kuning" yang artinya makmur. Karena Kuningan merupakan rangkaian dari Galungan, sehingga kemudian Kuningan dimaknai agar kita selalu mengingat kemenangan dharma. 

Baca Juga: Apa Itu Hari Raya Kuningan 2024 dan Diperingati Tanggal Berapa? Ini Makna dan Pengertiannya

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x