Apa Tugas Ketua KPPS Pemilu 2024 dan Anggota 1-7 Lengkap Gaji Petugas TPS Cair Kapan?

- 11 Februari 2024, 13:20 WIB
Ilustrasi. Temukan tugas Ketua KPPS dan anggota 1-7 Pemilu 2024, serta info gaji Petugas TPS dan kapan cairnya di artikel ini.
Ilustrasi. Temukan tugas Ketua KPPS dan anggota 1-7 Pemilu 2024, serta info gaji Petugas TPS dan kapan cairnya di artikel ini. /Tangkap layar Instagram.com/@ppsngawen2024

BERITA DIY - Pemilihan umum disingkat Pemilu 2024 di Indonesia akan segera berlangsung. Salah satu elemen penting dalam penyelenggaraan pemilu adalah Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

KPPS terdiri dari seorang Ketua dan enam anggota. Lalu, apa saja tugas mereka dan kapan gaji petugas Tempat Pemungutan Suara (TPS) cair?

Apa tugas Ketua KPPS atau anggota Petugas TPS 1?

Ketua KPPS memiliki peran penting dalam memastikan pemilu berjalan lancar. Tugas utama Ketua KPPS adalah memimpin dan mengkoordinasikan seluruh kegiatan KPPS.

Sebagai Ketua KPPS, tugas utamanya adalah memanggil pemilih, menandatangani surat suara, dan membagikan surat suara kepada pemilih. Selain itu, Ketua KPPS juga bertanggung jawab untuk memberikan surat suara pengganti jika ada kebutuhan.

Baca Juga: Link Download Contoh SPJ KPPS PDF, Siapkan Berkas Ini untuk Pemilu 2024, SPJ Adalah Apa?

Apa tugas anggota KPPS 1-7

Setiap anggota KPPS memiliki tugas spesifik. Berikut rincian tugas anggota Petugas TPS Pemilu 2024:

1. Anggota KPPS 2

Anggota kedua dari KPPS sedang menyiapkan surat suara, mengawasi proses pembukaan, dan memastikan keabsahan surat suara tersebut. Mereka juga bekerja sama dengan Ketua KPPS untuk menjalankan tugas dengan baik.

2. Anggota KPPS 3

Tugas para anggota KPPS 3 adalah mencatat jumlah pemilih, surat suara, dan sertifikat hasil perhitungan suara dengan menggunakan formulir Model C1-KWK.

3. Anggota KPPS 4

Anggota KPPS nomor 4 mencatat hasil penelitian terhadap setiap lembar surat suara yang diumumkan oleh Ketua KPPS dengan menggunakan formulir catatan hasil perhitungan suara.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x