BOP KPPS Pemilu 2024 Adalah Apa, Berapa Anggaran BOP KPPS per TPS? Mencakup Apa Saja? Ini Penjelasan BOP KPPS

- 9 Februari 2024, 14:58 WIB
Berapa dana operasional per TPS, apa itu BOP KPPS, BOP KPPS adalah apa, rincian anggaran per TPS, operasional BOP KPPS adalah apa, rincian.
Berapa dana operasional per TPS, apa itu BOP KPPS, BOP KPPS adalah apa, rincian anggaran per TPS, operasional BOP KPPS adalah apa, rincian. /Prasetia Fauzani/ANTARA FOTO

BERITA DIY - Saat ini banyak yang cari berapa dana operasional per TPS, apa itu BOP KPPS, BOP KPPS adalah apa, rincian anggaran per TPS, operasional BOP KPPS adalah apa, rincian dana operasional TPS.

Dalam persiapan Pemilu 2024, Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) memegang peran vital dalam menjamin kelancaran dan integritas proses demokrasi.

Sebagai garda terdepan dalam pelaksanaan pemungutan suara, KPPS memiliki tanggung jawab besar yang diakui dan didukung melalui pemberian Biaya Operasional Penyelenggara Pemungutan Suara (BOP KPPS).

Artikel ini akan menjelaskan secara detail tentang BOP KPPS, anggaran yang dialokasikan per Tempat Pemungutan Suara (TPS), serta rincian tugas yang mencakup kegiatan KPPS sebelum, selama, dan setelah hari pemungutan suara.

Baca Juga: Perbedaan Gaji KPPS dan PTPS 2024 per Orang, Besar Mana? Kapan Gaji KPPS & PTPS Cair? Ini Tugas & Masa Kerja

Apa Itu BOP KPPS?

BOP KPPS adalah dana operasional yang diberikan kepada anggota KPPS sebagai kompensasi atas waktu, tenaga, dan biaya transportasi yang mereka keluarkan selama menjalankan tugas.

Dana ini ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan disalurkan sesuai dengan regulasi yang berlaku, yaitu Peraturan KPU Nomor 6 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Pemilihan Umum.

Mencakup Apa Saja Tugas KPPS?

Tugas KPPS dalam Pemilu 2024 sangat luas dan mencakup berbagai aspek penting dalam penyelenggaraan pemilu, mulai dari persiapan hingga penyelesaian tugas setelah pemungutan suara.

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x