Apa itu Pantukhir KPPS? Apakah Ada? Segini Gaji Petugas KPPS, Tugas, dan Masa Kerja di Pemilu 2024

- 29 Januari 2024, 14:38 WIB
Apa itu Pantukhir KPPS, apakah ada, hingga gaji petugas KPPS, tugas, dan masa kerja di Pemilu 2024, dan honor kapan turun.
Apa itu Pantukhir KPPS, apakah ada, hingga gaji petugas KPPS, tugas, dan masa kerja di Pemilu 2024, dan honor kapan turun. /Tangkap layar TikTok.com/@jengguarcinema

BERITA DIY - Apa itu Pantukhir KPPS? Apakah ada? Apa kepanjangannya? Simak juga informasi gaji petugas KPPS, tugas, masa kerja di Pemilu 2024, hingga honor kapan turun, di sini.

Beberapa hari ini, jagat media sosial diramaikan dengan isu soal petugas KPPS selama Pemilu 2024, mulai dari harga snack, gaji, hingga candaan soal abdi negara.

Sebagai informasi, KPPS merupakan singkatan dari Kelompok Penyelenggara Pemunguutas Suara, yang memiliki peran penting dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 ini.

KPPS memiliki tugas untuk menyelenggarakan pemungutas suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan berjumlah 7 orang untuk setiap TPS.

Baca Juga: Perbedaan Gaji KPPS dan PTPS 2024 per Orang, Besar Mana? Kapan Gaji KPPS & PTPS Cair? Ini Tugas & Masa Kerja

Petugas KPPS juga mendapatkan gaji dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan masa kerja yang sudah diatur dalam peraturan selama Pemilu 2024 ini.

Sebelum mengetahui gaji petugas KPPS dan masa kerjanya, simak dulu pengertian tentang apa itu Pantukhir KPPS, berikut ini:

Apa itu Pantukhir KPPS?

Seorang netizen pemilik akun TikTok @jengguarcinema membuat video tentang kegagalan seseorang menjadi anggota KPPS lantaran gugur di tahap Pantukhir.

Video berdurasi 22 detik yang diunggah 27 Januari 2024 tersebut viral di TikTok hingga ditonton lebih dari 6,5 juta kali, dengan lebih dari 25 ribu komentar.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x