Doa Bulan Syaban Bacaan Bahasa Arab dan Artinya, Amalan dan Keutamaannya: Kapan Awal 1 Syaban 2024 1445 H

- 10 Februari 2024, 15:36 WIB
Ilustrasi. Doa bulan Syaban bacaan Bahasa Arab dan artinya, ini amalan dan keutamaannya, informasi keputusan kapan awal 1 Sya’ban 2024 atau 1445 H.
Ilustrasi. Doa bulan Syaban bacaan Bahasa Arab dan artinya, ini amalan dan keutamaannya, informasi keputusan kapan awal 1 Sya’ban 2024 atau 1445 H. /PIXABAY/@Iqbalnuril

BERITA DIY - Sebentar lagi kita akan memasuki bulan kedelapan di kalender Hijriyah, yakni bulan Syaban. Lalu kapan awal tanggal 1 Sya'ban 2024 atau 1445 H?

Informasi mengenai keputusan kapan jatuhnya awal Syaban 1445 H sangatlah penting, sebab ada doa dan sejumlah amalan yang bisa dilakukan di bulan penuh keistimewaan ini.

Akan tersaji tek bacaan doa bulan Sya'ban dalam Bahasa Arab dan artinya dalam Bahasa Indonesia, dilengkapi dengan keutamaan bulan kedelapan ini.

Bulan ini adalah bulan sebelum Ramadhan. Sebelum melaksanakan kewajiban puasa pada bulan kesembilan di kalender Hijriyah ini, umat Islam dapat mempersiapkan diri dengan membiasakan beramal shaleh di bulan Syaban.

Baca Juga: Bacaan Doa Bulan Syaban 2024, Lengkap Amalan yang Biasa Dilakukan Rasulullah Sebelum Ramadhan dan Maknanya

Dalam Kalender Hijriyah 1445 H atau 2024 yang dikeluarkan oleh Kemenag RI, bulan Rajab akan berakhir malam ini Sabtu, 10 Februari 2024. Kemudian pada hari besok sudah masuk awal bulan baru.

Menurut kalender tersebut, 1 Sya'ban 2024 jatuh pada hari Minggu, 11 Februari 2024. Hal ini berarti malam ini adalah malam 1 Syaban. Anda sangat dianjurkan untuk membaca doa awal Syaban agar mendapat keberkahan.

Bulan kedelapan ini diapit oleh dua bulan mulia, yakni Rajab dan Ramadhan. Sebelum menyambut bulan suci Ramadhan, umat Islam dianjurkan untuk memperbaiki diri dari keburukan.

Pada bulan ini juga ada satu amalan yang sangat bagus, yakni amalan pada pertengahan Sya;ban yang biasa disebut dengan malam nishfu sya'ban yang diperingati setiap tanggal 15.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x