Dalil Al Quran Tentang Nisfu Syaban: Apakah Boleh Puasa Sya'ban Setelah Pertengahan Bulan?

- 9 Maret 2023, 16:15 WIB
Ilustrasi. Ketahui dalil amalan Syaban dan apakah Puasa Sya'ban boleh setelah pertengahan bulan.
Ilustrasi. Ketahui dalil amalan Syaban dan apakah Puasa Sya'ban boleh setelah pertengahan bulan. /PIXABAY/cahiwak

BERITA DIY - Ketahui dalil Al Quran mengenai malam Nisfu Syaban lengkap dengan penjelasan apakah bolah puasa Sya'ban pada setelah pertengahan bulan tersebut.

Banyak yang menanyakan mengenai dalil yang dijadikan dasar dalam malam Nisfu Syaban beserta dengan apakah nantinya boleh menjalankan puasa setelah pertengahan bulan.

Dalam Bahasa Arab diketahui bahwa Nisfu Syaban memiliki arti yaitu pertengahan pada bulan Syaban yang merupakan salah satu bulan yang terdapat dalam penanggalan Hijriyah.

 

Pertengahan bulan Syaban 1444 H ini berarti adalah tanggal 15 Syaban 1444 H yang diperingati mulai pada 7 Maret 2023 malam hingga pada tanggal 8 Maret 2023.

Baca Juga: Tata Cara Puasa Nisfu Syaban Tanggal Berapa Saja: Niat, Keutamaan, Hukum, Bisa Digabung Puasa Ganti Ramadhan?

Mengenai dalil terkait dengan Nisfu Syaban sendiri diketahui berdasarkan pada hadist yang diriwayatkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Berikut merupakan hadist yang menjadi dasar atau dalil dalam melaksanakan berbagai amalan dalam malam Nisfu Syaban sebagai berikut ini:

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x