Bahaya Pinjol Tanpa Verifikasi Wajah dan Selfie KTP 2024, Pinjaman Online Cair Rp 5 Juta ke Rekening Pribadi

- 2 Februari 2024, 07:45 WIB
Ilustrasi. Selalu gunakan aplikasi pinjol legal OJK yang sudah resmi dan diakui. Bukan yang ilegal seperti pinjaman online tanpa verifikasi wajah dan selfie KTP.
Ilustrasi. Selalu gunakan aplikasi pinjol legal OJK yang sudah resmi dan diakui. Bukan yang ilegal seperti pinjaman online tanpa verifikasi wajah dan selfie KTP. /Pixabay/Foundry Co

BERITA DIY - Berikut penjelasan bahaya pinjol tanpa verifikasi wajah dan selfie KTP 2024. Dan daftar pinjaman online legal OJK cair Rp 5 juta ke rekening pribadi.

Pinjaman online atau pinjol adalah metode yang memungkinkan seseorang untuk mendapatkan dana tunai dengan cepat dan mudah melalui aplikasi atau situs web.

Mungkin, jika Anda dalam keadaan terpepet kebutuhan mendesak seperti biaya kesehatan, pendidikan, atau bencana, pinjol legal Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bisa menjadi alternatif solusi.

Tapi ingat, selalu gunakan aplikasi pinjol legal OJK yang sudah resmi dan diakui. Bukan yang ilegal seperti pinjaman online tanpa verifikasi wajah dan selfie KTP.

Baca Juga: Pinjol BRI Non KUR Pinjam Uang Rp 10 Juta Cicilan Ringan, Bisa Dicicil Sampai 12 Bulan

Apa saja bahaya pinjol tanpa verifikasi wajah dan selfie KTP?

Pinjaman online tanpa verifikasi wajah dan selfie KTP memiliki beberapa bahaya yang perlu diwaspadai, antara lain:

- Penipuan identitas: Tanpa verifikasi wajah dan selfie KTP, ada kemungkinan data pribadi Anda disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk tujuan kriminal, seperti pembobolan rekening, penagihan palsu, atau penggelapan dana.

- Bunga tinggi: Pinjol ilegal yang tidak memerlukan verifikasi wajah dan selfie KTP biasanya menetapkan bunga yang sangat tinggi, bahkan bisa mencapai 100% per bulan. Hal ini tentu akan memberatkan Anda dalam mengembalikan pinjaman dan berpotensi menjerumuskan Anda ke dalam utang berkepanjangan.

- Penagihan tidak manusiawi: Pinjol ilegal yang tidak memerlukan verifikasi wajah dan selfie KTP seringkali menggunakan cara-cara yang tidak manusiawi dalam menagih pinjaman, seperti mengancam, mengintimidasi, memeras, atau bahkan melakukan kekerasan fisik.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah