Konsep Student Loan Adalah Apa yang Diusulkan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani

- 31 Januari 2024, 11:34 WIB
Ilustrasi. Apa student loan adalah, bahaya student loan, apakah ada student loan BRI BCA, Bank Mandiri, dan cara mendapatkan student loan di Indonesia.
Ilustrasi. Apa student loan adalah, bahaya student loan, apakah ada student loan BRI BCA, Bank Mandiri, dan cara mendapatkan student loan di Indonesia. /UNSPLASH/MD Duran

BERITA DIY - Banyak yang bertanya student loan adalah apa, bahaya student loan, apakah ada student loan BRI BCA, Bank Mandiri, dan cara mendapatkan student loan di Indonesia.

Ketahui konsep student loan adalah apa yang diusulkan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani bersama Dewan Pengawas LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan).

Baru-baru ini, Menteri Keuangan Indonesia, Sri Mulyani, mengusulkan ide student loan untuk membantu mahasiswa yang menghadapi kesulitan dalam membayar biaya kuliah. Saat ini, konsep ini sedang dalam tahap pengkajian oleh Menkeu bersama dengan Dewan Pengawas LPDP.

Apa itu student loan?

Konsep student loan adalah pinjaman keuangan yang diberikan oleh pemerintah atau lembaga swasta kepada mahasiswa untuk membantu mereka membayar biaya pendidikan. Setelah lulus, mahasiswa harus mengembalikan pinjaman tersebut beserta bunga yang telah ditentukan.

Baca Juga: Link Download PDF Formulir Model C Hasil PPWP Pemilu 2024 dan Apa Itu Formulir Model C1-C7 KPU

Uang yang diperoleh dari student loan dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti biaya kuliah, akomodasi, makanan, buku, dan lain sebagainya.

Sri Mulyani mengusulkan konsep student loan ini dengan tujuan untuk membantu mahasiswa yang tidak mampu secara ekonomi dalam membayar biaya kuliah.

Dana yang digunakan untuk program student loan berasal dari dana abadi LPDP. Saat ini, anggaran LPDP sudah mencapai Rp150 triliun yang akan digunakan untuk memberikan kesempatan kepada lebih banyak mahasiswa untuk mendapatkan pendidikan yang layak.

Apa bahaya student loan, suku bunga rendah?

Namun, ada bahaya student loan yang terkait dengan konsep pinjaman mahasiswa ini. Di Amerika Serikat, pinjaman mahasiswa menjadi topik yang hangat karena banyak mahasiswa yang terjebak dalam utang.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x