Contoh Teks Khutbah Jumat Tentang Isra’ Mi’raj Mempunyai Makna dan Pesan yang Mendalam

- 18 Januari 2024, 14:50 WIB
Ilustrasi. Contoh teks khutbah Jumat tentang Isra' Mi'raj yang bisa dijadikan referensi. Simak di sini untuk teks lengkapnya.
Ilustrasi. Contoh teks khutbah Jumat tentang Isra' Mi'raj yang bisa dijadikan referensi. Simak di sini untuk teks lengkapnya. /Pixabay/Mark

BERITA DIY - Berikut ini adalah informasi tentang contoh teks Khutbah Jumat, yang bertemakan Isra’ Mi’raj yang bisa dijadikan referensi. Simak di sini untuk teks lengkapnya. 

Salah satu peringatan hari besar di agama Islam adalah Isra’ Mi’raj. Peringatan Isra’ Mi’raj ini diperingati setiap tanggal 27 bulan Rajab dalam kalender Islam. Isra’ Mi’raj 1445 H tahun 2024 ini akan jatuh pada Kamis, 8 Februari 2024. 

Bahkan peringatan hari besar Islam ini juga ditetapkan sebagai hari libur nasional pada Kamis, 8 Februari 2024 mendatang. Penetapan ini berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri Nomor 3 Tahun 2022. 

Sebagai tambahan informasi, Isra’ Mi’raj ini merupakan peristiwa tentang dua perjalanan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dalam waktu satu malam. Peristiwa ini juga termasuk peristiwa yang penting di agama Islam. 

Hal istimewa dan penting dari peristiwa isra’ mi’raj ini adalah dimana Nabi Muhammad SAW juga mendapat perintah untuk menunaikan shalat lima waktu dalam sehari semalam. 

Seperti yang kita tahu, bahwa tanggal 19 Januari 2024 adalah hari Jumat, maka dari itu bagi yang mencari teks khutbah shalat Jumat bisa simak di sini untuk referensi. 

Baca Juga: Naskah Khutbah Jumat 12 Januari 2024 Singkat Terbaru Tentang Bulan Rajab dan Keistimewaannya

Contoh Teks Khutbah Jumat tentang Isra’ Mi’raj 

Khutbah I

الْحَمْدُ لله الَّذِي هَدَانَا لِلْإِسْلَامِ وَمَا كُنَّا لِنَهْتَدِيَ لَوْلَا أَنْ هَدَانَا الله . الحَمْدُ لله الذى وقع الرجب شهرا للمعراج، وأوجب فيه الصلاة للمسلمين كالسراج, أَشْهَدُ أَنْ لَا إِله إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ وصَلَّى الله عَلَيْهِ وَعَلَى أَله وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ تَسْلِيْمًا كَثِيرًا يَا أَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا اتَّقُوا الله حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوتُنَّ إِلا وَأَنتُم مُّسْلِمُونَ يَاأَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُم مِّنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالاً كَثِيرًا وَنِسَاءً وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالْأَرْحَامَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا أَمَّا بَعْدُ: فَإِنَّ أَصْدَقَ الْحَدِيْثِ كِتَابُ الله وَخَيْرَ الهَدْيِ هَدْيُ مُحَمَّدٍ صلى الله عليه و سلم وَشَرَّ الأُمُورِ مُحْدَثَاتُهَا، وَكُلَّ مُحْدَثَةٍ بِدْعَةٌ، وَكُلَّ بِدْعَةٍ ضَلَالَةٌ ، وَكُلَّ ضَلَالَةٍ فِي النَّارِ. أَيُّهَا الْمُسْلِمُونَ أَوْصِيْكُمْ وَنَفْسِي بتقو الله وقد فاز المتقون

Ayyuhal Muslimun Al Hadhirunn, Rahimakumullah

Marilah kita bersama-sama meningkatkan kadar keimanan dan keislaman kita kepada Allah SWT, sebagai bukti ketaqwaan kita kepada-Nya. Apabila Iman adalah urusan hati dan tempat bersemayamnya semangat ketuhanan yang bersifat abstrak, maka Islam adalah pengejawantahan dari keimanan tersebut yang nyata; dan bersifat realistis; yang telah Rasulullah ajarkan melalui syariat (shalat, zakat, puasa, haji).

Jika iman diibaratkan seperti panas yang menyengat, maka Islam adalah api yang berkobar. Islam tanpa iman bagaikan api tanpa panas. Yang hanya bisa menakutkan tapi tidak mampu membakar. Begitu juga sebaliknya, jika iman tanpa Islam seperti panas tanpa api yang tidak berfungsi.

Dengan kata lain menjalankan segala perintah syariat Islam yang merupakan panji-panji kebesaran Islam adalah hal yang penting, namun jangan sampai melupakan kualitas iman yang ada dalam hati. Shalat Jumat, shalat jama'ah, haji, zakat adalah wajib dan karena pelaksanaannya membuktikan kepada dunia akan kebesaran Islam. Namun pengayaan materi keimanan haruslah selalu diadakan, karena hal itu merupakan gizi bagi kesehatan mental Islam.

Baca Juga: TEKS Khutbah Jumat NU Terbaru Edisi 12 Januari Singkat 1 Lembar Tentang Bulan Rajab Menyentuh Hati, Link PDF

Karena itulah, meningkatkan ketaqwaan merupakan sebuah upaya meningkatkan dan menyeimbangkan kondisi iman dan Islam kita. Menyeimbangkan antara laku syariat dengan laku hakikat (keimanan dalam hati). Sehingga terciptalah cita-cita al-islamu ya'lu wala yu'la 'alaihi.

Ma'asyiral Muslimin Rahimakumullah

Waktu terus berlalu, sampai tiba saatnya Bulan Rajab datang. Bulan Rajab adalah satu-satunya bulan yang bersejarah bagi Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam sehingga dalam salah satu haditsnya beliau pernah bersabda bahwa Rajab adalah bulanku, Sya'ban adalah bulan Tuhanku dan Ramadhan adalah bulan umatku.

Begitu berharganya bulan Rajab bagi Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam, sehingga ia membanggakan Rajab dan memposisikannya dengan bulan Sya'ban dan Ramadhan.

Wajar saja karena pada bulan inilah beliau merasakan kesedihan yang amat sangat sepeninggal istri dan pamannya, sehingga para sejarawan menyebutnya 'ammul huzn'. Kemudian Allah SWT menghibur Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam dengan bepergian dan bertamasya mengarungi keindahan dunia lahir dan mencicipi kenikmatan dunia batin. Inilah perjalanan Isra' dan Mi'raj.

Ma'asyiral Muslimin Rahimakumullah

Seperti yang telah kita maklumi bersama bahwa di antara buah tangan Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam terpenting dari Isra' Mi'raj adalah shalat lima waktu setiap hari. Konon lima kali ini merupakan bilangan terakhir yang diajukan oleh Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam kepada Allah SWT, setelah sebelumnya Allah SWT memerintahkan untuk shalat lima puluh kali.

Memang benar, kini kita baru merasakan betapa beratnya menjaga shalat lima waktu setiap hari. Apalagi hubungannya dengan ikhtiar untuk menjaga kualitas shalat kita, itu sebabnya khutbah jumat kali ini kita menyampaikan hal tersebut. Padahal kita mafhum bahwa shalat yang lima ini menjadi tolak ukur ibadah seseorang. Hadits Riwayat at-Thabrani menjelaskan:

أول ما حياسب عليه العبد يوم القيامة الصَلة، فإن صلحت صلح سائر عمله وإن فسدت فسد

سائر عمله رواه الطربان

Artinya: Amal pertama kali akan dihisab untuk seorang hamba di hari kiamat nanti adalah shalat. Maka apabila Shalatnya baik, maka baiklah seluruh amalnya. Dan jika shalatnya buruk, rusaklah semua amalnya. (HR. Thabrani).

Lantas apakah maksud kata kata 'shalaha' dalam hadits di atas? Shalat baik yang bagaimana yang dapat menarik segala amal menjadi baik? Apakah shalat yang sekedar menggugurkan kewajiban lima waktu? Tentunya ada standard tertentu yang menjadikan shalat kita sebagai kunci segala amal ibadah, yaitu shalat yang seperti diajarkan oleh Rasulullah, seperti yang pernah diimbaukan olehnya:

صلوا كما رأيتمون أصلي

Artinya: Shalatlah kamu sekalian sebagaimana kamu melihat shalatku.

Artinya shalat yang baik itu adalah shalat yang memenuhi syarat sah, syarat wajib dan rukun shalat sebagaimana diwariskan Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam secara turun temurun dari para sahabat, tabi'in, tabi'it tabi'in, hingga para mujtahid fiqih, para ulama dan guru-guru kita.

Baca Juga: ISI Teks Khutbah Jumat NU Terbaru 4 Januari Menyentuh Hati Singkat Tentang Refleksi di Awal Tahun 2024 PDF

Jama'ah Jum'ah Rahimakumullah

Menjaga kualitas shalat menjadi bagian dari ikhtiar memenuhi syarat shalat. Selain syarat fisik tersebut yang menjadikan syahnya shalat secara formal; juga perlu memperhatikan unsur informal yang juga menjadi ukuran kualitas shalat seseorang yaitu suasana hati yang khusyu'. Karena sesungguhnya kekhusyukan itu berbuahkan kebahagiaan. Seperti janji Allah dalam dalam surah al-Mu'minun 1-2

قَدْ أَفْلَحَ الْمُؤْمِنُونَ الَّذِينَ هُمْ فِي صَلَاتِهِمْ خَاشِعُونَ

Artinya: Sungguh berbahagia orang mukmin, yaitu mereka yang khusyu' dalam shalatnya.

Ungkapan kekhusu'an shalat ini sebenarnya telah diajarkan oleh para faqih semenjak kita takbiratul Ihram ketika membaca do'a iftitah.

إِنَّ صَلاتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ لَا شَرِيكَ لَهُ وَبِذَلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا مِنَ الْمُسْلِمِينَ

Artinya: Sesungguhnya Shalatku, ibadahku (sembelihan), hidupku dan matiku hanya karena Allah Tuhan Semesta Alam. Tiada sekutu bagi-Nya dan karena itulah aku diperintahkan dan aku termasuk orang yang berserah diri.

Begitu pentingnya kekhusyu'an karena, khusyu' dalam shalat akan mengantarkan kita meraih substansi, sehingga shalat kita lebih bermakna dan tidak sekedar menggugurkan kewajiban saja. Jika demikian, adanya ketika kita telah berhasil shalat dengan khusyu' maka secara otomatis shalat kita akan berfungsi sebagai filter diri atas berbagai tindakan kita. Sehingga apa yang Allah SWT firmankan dalam al-Ankabut ayat 45 akan terlaksana.

إن الصَلة تنهى عن الفخشاء واملنكر

Artinya: Sesungguhnya shalat itu (dapat) mencegah perbuatan keji dan mungkar.

Baca Juga: Teks Khutbah Jumat, 12 Januari 2024 Singkat dan Jelas, Menyambut Bulan Rajab dengan Segala Kemuliaan-Nya

Hadirin Jamaah Jumat yang Berbahagia

Khutbah Jumat menjaga kualitas shalat ini erat hubungannya dengan menjaga kekhusyukan. Kekhusyu'an bukanlah hal yang mudah, khusyu' dalam shalat memerlukan latihan dan latihan. Dalam sebuah kisah; suatu ketika sahabat Ali Karramallahu Wajhah diuji kekhusyukan oleh Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam dalam dua rakaat shalat. Namun Sahabat Ali yang memiliki julukan 'babul 'ilmi' hanya berhasil khusyu' dalam satu raka'at.

Sesungguhnya khusyu' itu adanya dalam hati. khusyu' hanya dapat dirasakan dan sulit sekali untuk digambarkan dengan kata-kata. Mereka yang telah berhasil dalam khusyu' mungkin takkan pernah dapat menceritakan dalam ungkapan kata.

Namun mereka hanya dapat bercerita bahwa khusyu' itu haruslah melalui latihan dan pembiasaan. Seorang sufi agung pernah berkata, bahwa khusyu dalam shalat dapat terbagi

menjadi 3 (tiga) tingkat.

Tingkatan Ta'abbud. Tingkatan awam yang dalam shalatnya benar-benar memosisikan diri sebagai seorang hamba yang papa yang mengharapkan doanya dikabulkan dan sangat memerlukan pertolongan dari Allah yang Maha Kuasa. Shalat dengan model khusyu' semacam ini menurut kategorinya termasuk model shalat tingkat ta'abbud.

Tingkatan kedua adalah Taqarrub yaitu kekhusyu'an yang melampaui tingkatan pertama. Mereka yang berada dalam posisi taqarrub dalam shalat hanya menginginkan keintiman dengan Allah SWT. Mereka tidak lagi memperdulikan doa-doanya.

Karena mereka telah melihat dunia begitu hina. Sehingga tidak perlu lagi dikejar dan diminta. Bahkan mereka merasa malu jika terus-terusan meminta dunia kepada Allah SWT. Karena mereka hanya menginginkan kedekatan diri kepada-Nya.

Tingkatan ketiga adalah Tawahhud yaitu kekhusyu'an dalam shalat yang hanya dimiliki oleh orang-orang tertentu. Mereka memposisikan shalat sebagai media penyatuan diri kepada Allah SWT. Yaitu sebuah proses ketika sifat kemanusiaan tersedot (majdzub) oleh sifat ketuhanan. Atau ketika sifat ketuhanan itu melebur sifat kemanusiaan, tidak ada lagi pemisah antara hamba dan Tuhannya.

Ma'asyiral Muslimin Rahimakumullah

Dari ketiga tingkatan shalat ini, tidak ada alasan lagi bagi seorang muslim untuk meninggalkan shalat tidak juga mereka yang mengaku wali ataupun yang benar-benar wali. Karena derajat seseorang tidak membebaskan mereka dari kewajiban shalatnya. Dan lebih dari itu, sesungguhnya melaksanakan shalat merupakan bukti penghargaan kita kepada Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam.

Bukti kebahagiaan kita menyambut buah tangan Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam dari Isra' Mi'raj. Demikian Khutbah Jumat menjaga kualitas shalat kali ini, semoga apa yang disampaikan ini bermanfaat bagi kita semua, amin.

بَارَكَ الله لي وَلَكُمْ فِي القُرْآنِ العَظِيمِ وَنَفَعَنِي وَإِيَّاكُمْ بمَا فِيهِ مِنَ الآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيمِ وَتَقَبَّلَ مِنِّي وَمِنْكُمْ تِلَاوَتَهُ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيْمُ

Baca Juga: ISI Teks Khutbah Jumat NU Terbaru 4 Januari Menyentuh Hati Singkat Tentang Refleksi di Awal Tahun 2024 PDF

Khutbah II

اَلْحَمْدُ للهِ عَلَى إِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلَى تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَاَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَاللَّهُ وَحْدَهُ لا شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ الدَّاعِى إِلى رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا

مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَسَلَّمْ تَسْلِيْمَاكِثِيْر أَمَّا بَعْدُ فَيا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُواللَّهُ فِيْمَا أَمَرَ وَانْتَهُوا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللَّهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَنَى بِمَلَا ئِكَتِهِ بِقُدْسِهِ وَقَالَ تَعَالَى إِنَّ اللَّهَ وَمَلَا ئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِي يَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا. اللهُمَ صَلِ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَنْبِيَائِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلَائِكَةِ الْمُقَرَّبِينَ وَارْضَ اللَّهُمَّ عَنِ الخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ أَبِي بَكْرِوَعُمَروَعُثْمَان وَعَلِي وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ هُمْ بِإِحْسَانٍ اليَوْمِ الدِّيْنِ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ

يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ

اللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْمُسْلِمِيْنَ وَالمُسْلِمَاتِ الأَحْيَاءُ مِنْهُمْ وَالْأَمْوَاتِ اللَّهُمَّ أَعِزَّ الإِسْلَامَ وَالْمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَالمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ الْمُوَحِدِيَّةَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ الْمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِرٌ أَعْدَاءَ الدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ إِلَى يَوْمَ الدِّيْنِ. اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا البَلاءَ وَالْوَبَاءَ وَالزَّلازِلَ وَالمِحَنَ وَسُوْءَ الْفِتْنَةِ وَالمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خاصَّةً وَسَائِرِ الْبُلْدَانِ الْمُسْلِمِيْنَ عَامَّةً يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا انْفُسَنَاوَإِنْ لَمَّ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِيْنَ عِبَادَ اللَّهِ ! إِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُنَا بِالْعَدْلِ وَالإِحْسَانِ وَإِيتَاءِ ذِي الْقُرْبَيَ وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ الْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ وَاذْكُرُو الله العَظِيمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلَى نِعَمِهِ زِدْكُمْ وَلَذِكْرِ اللَّهِ اكبر

Demikianlah ini informasi tentang contoh teks Khutbah Jumat tentang Isra’ Mi’raj, teks ini dilansir dari NU Online Cilacap. Teks ini tentunya bisa dijadikan referensi bagi yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. *** Hayyu Shafa

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah