Ciri-ciri Gen Alpha Seperti Apa dan Generasi Alfa Lahir Tahun Berapa

- 9 Januari 2024, 15:52 WIB
Ilustrasi. Ciri-ciri Gen Alpha seperti apa dan kelahiran Generasi Alfa lahir tahun berapa saja, berapa umur Generasi Milenial dan Gen Z.
Ilustrasi. Ciri-ciri Gen Alpha seperti apa dan kelahiran Generasi Alfa lahir tahun berapa saja, berapa umur Generasi Milenial dan Gen Z. /Pexels.com/@Anna Shvets

BERITA DIY - Berikut ciri-ciri Gen Alpha seperti apa dan Generasi Alfa lahir tahun berapa saja.

Setelah adanya kategorisasi generasi dari X, Y (milenial), dan Z. Kini ada pengelompokan generasi terbaru yang disebut Generasi Alfa atau Gen Alpha.

Kategorisasi generasi dibedakan berdasar tahun kelahiran seseorang. Misal, dilansir dari kaksetoschool.sch.id, Generasi Z atau Gen Z adalah kumpulan orang yang lahir dari tahun 1997-2012.

Sementara, Generasi Milenial adalah kumpulan orang kelahiran 1981-1996, yang kini mereka sudah memasuki usia 23-36 tahun. Di atasnya ada Generasi X, kelompok masyarakat kelahiran 1965-1980.

Baca Juga: Cara Daftar Member JKT48 Gen 12 Cek Persyaratannya, Pendaftaran Generasi 12 JKT48 Sampai Kapan dan Link Form

Lalu, adiknya Gen Z disebut dengan Generasi Alfa atau Gen Alpha yang lahir mulai 2011 hingga 2026. Umur Gen Alpha tertua ialah sekitar 13 tahun.

Gen Alpha disebut-sebut sebagai anak-anak dari Generasi Milenial atau Gen Y dan adik dari Gen Z.

Salah satu ciri dari Generasi Alfa adalah pertumbuhan mereka akrab dengan teknologi digital. Namun, dalam studi Beano Studios, CEO Emma Scott menyatakan hampir setengah (48 persen) Gen Alpha menghabiskan waktunya tanpa perangkat teknologi.

Ciri lain dari Gen Alpha seperti pandangan yang lebih terbuka dari generasi sebelum-sebelumnya. Tentu, ini juga perlu didukung oleh pendidikan yang akan dienyam oleh mereka.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x