Rizal Ramli Meninggal Dunia karena Sakit Apa? Ini Profil Biodata Rizal Ramli: Usia, Karier hingga Istri

- 2 Januari 2024, 21:06 WIB
Potret Rizal Ramli seorang politikus dan ekonom senior yang diunggah dalam akun instagram pribadinya.
Potret Rizal Ramli seorang politikus dan ekonom senior yang diunggah dalam akun instagram pribadinya. /Tangkap layar: instagram.com/@rizalramli.official

BERITA DIY - Kabar duka datang dari dunia ekonomi Indonesia. Rizal Ramli, ekonom senior dan mantan Menko Ekuin, meninggal dunia di Jakarta pada Selasa, 2 Januari 2023.

Beliau wafat saat dalam perawatan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta. 

Lahir di Padang, Sumatera Barat, pada 10 Desember 1954, Rizal Ramli dikenal sebagai sosok yang kritis terhadap pemerintah.

Ia memiliki latar belakang sebagai aktivis mahasiswa dan kemudian berkembang menjadi ahli ekonomi terkemuka.

Baca Juga: Lukas Enembe Meninggal Dunia karena Apa? Ini Profil Biodata Eks Gubernur Papua yang Terjerat Kasus Korupsi

Karier Rizal Ramli di pemerintahan termasuk perannya sebagai Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog) pada periode 2000-2001 dan Menko Ekonomi, Keuangan, dan Industri pada masa yang sama.

Di era pemerintahan Presiden Jokowi, Rizal Ramli mendapat kepercayaan sebagai Menko Bidang Maritim dan Sumber Daya Indonesia dari tahun 2015 hingga 2016.

Selain itu, beliau juga pernah dipercaya sebagai anggota tim panel penasehat ekonomi PBB, dan sempat menolak jabatan internasional sebagai Sekretaris Jenderal Economic & Social Commission of Asia and Pacific (ESCAP) yang ditawarkan PBB pada November 2013.

Rizal Ramli menempuh pendidikan di bidang Teknik Fisika di Institut Teknologi Bandung dan meraih gelar Doktor dalam Ekonomi dari Boston University.

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x