Kalender Jawa 19 Desember 2023 Lengkap dengan Nama Weton, Pasaran, Neptu dan Gambaran Watak Selasa Wage

- 18 Desember 2023, 20:00 WIB
Ilustrasi - Kalender Jawa Selasa, 19 Desember 2023 lengkap dengan nama weton, pasaran, wuku, neptu dan gambaran watak orang lahir Selasa Wage.
Ilustrasi - Kalender Jawa Selasa, 19 Desember 2023 lengkap dengan nama weton, pasaran, wuku, neptu dan gambaran watak orang lahir Selasa Wage. /Galih Prabashinta/Portal Purwokerto

BERITA DIY - Berikut informasi kalender Jawa Selasa, 19 Desember 2023 lengkap dengan nama weton, pasaran, wuku, neptu dan gambaran watak orang lahir Selasa Wage.

Seperti diketahui kalender Jawa dengan sistem penanggalan tradisional masih digunakan oleh sebagian masyarakat.

Selain itu kalender Jawa yang khas ini menjadi salah satu bagian dari identitas budaya Nusantara itu sendiri.

Hal ini mengingat kalender Jawa dibuat sejak zaman Kerajaan mataram yakni pada masa Sultan Agung memimpin dan masih digunakan hingga hari ini.

Baca Juga: Kalender Jawa 10 Desember 2023 Tanggal Berapa, Weton, Neptu dan Gambaran Sifat Orang Minggu Kliwon

Sebagaimana diketahui, kalender Jawa tidak lepas dari masa kerajaan Hindu-Budha, terutama di Kerajaan Mataram Kuno, Jawa Tengah.

Dalam penanggalan Jawa dengan perhitungan bulan, ada beberapa nama bulan yang menggunakan istilah Jawa dan istilah Islam.

Adapun hari Selasa, 19 Desember 2023 bertepatan pada tanggal 5 Jumadilakhir 1957 tahun Jimawal dengan pasaran Wage dan wuku Sinta.

Dengan begitu nama weton dalam kalender Jawa hari tersebut yakni Selasa Wage dengan jumlah neptu 7 dengan Selasa bernilai 3 dan Wage 4.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x