Kalender Jawa 10 Desember 2023 Tanggal Berapa, Weton, Neptu dan Gambaran Sifat Orang Minggu Kliwon

- 9 Desember 2023, 20:00 WIB
Ilustrasi - Kalender Jawa 10 Desember tanggal berapa, weton, pasaran, wuku, neptu dan gambaran sifat orang lahir Minggu Kliwon.
Ilustrasi - Kalender Jawa 10 Desember tanggal berapa, weton, pasaran, wuku, neptu dan gambaran sifat orang lahir Minggu Kliwon. /Pixabay/Farisshidqi

BERITA DIY - Berikut informasi kalender Jawa 10 Desember tanggal berapa, weton, pasaran, wuku, neptu dan gambaran sifat orang lahir Minggu Kliwon.

Dalam kalender Jawa beberapa hal yang menjadi perbedaan dari kalender Masehi yang biasa dipakai secara umum.

Sistem kalender Jawa memakai dua siklus hari: siklus mingguan yang terdiri dari tujuh hari (Ahad sampai Sabtu, saptawara).

Serta siklus pekan pancawara yang terdiri dari lima hari pasaran (Legi, Pahing, Pon, Wage, Kliwon).

Baca Juga: Kalender Jawa 8 Desember 2023 Lengkap dengan Weton Nama Pasaran, Neptu dan Watak Orang Lahir Jumat Pon

Sebagai informasi, pada tahun 1633 Masehi (1555 Saka), Sultan Agung dari Mataram berusaha keras menanamkan agama Islam di Jawa inilah cikal bakal awal digunakan kalender Jawa.

Salah satu upayanya adalah mengeluarkan dekrit yang mengganti penanggalan Saka yang berbasis perputaran matahari dengan sistem kalender kamariah atau lunar (berbasis perputaran bulan).

Adapun untuk hari Minggu, 10 Desember 2023 dalam kalender Jawa bertepatan pada tanggal 27 Jumadilawal 1957 tahun Jimawal.

Pasaran untuk hari tersebut ialah Kliwon dengan wuku Watugunung dalam perhitungan Jawa atau kalender Jawa.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah