Kalender Jawa 6 Desember 2023 Lengkap dengan Weton, Pasaran, Neptu dan Watak Rabu Legi

- 5 Desember 2023, 20:00 WIB
Ilustrasi - Kalender Jawa hari Rabu, 6 Desember 2023 lengkap dengan weton, pasaran, neptu dan watak orang yang lahir pada Rabu Legi.
Ilustrasi - Kalender Jawa hari Rabu, 6 Desember 2023 lengkap dengan weton, pasaran, neptu dan watak orang yang lahir pada Rabu Legi. /Freepik.com/Freepik

BERITA DIY - Berikut informasi kalender Jawa hari Rabu, 6 Desember 2023 lengkap dengan weton, pasaran, neptu dan watak orang yang lahir pada Rabu Legi.

Sebagai informasi, dalam kalender Jawa memiliki banyak istilah dan penanggalan yang cukup berbeda dari kalender masehi.

Dikutip dari laman kratonjogja.id, terkait dengan penanggalan Jawa, dikenal pula periode waktu yang dianggap menentukan watak dari anak yang dilahirkan seperti halnya pada astrologi yang terkait dengan kalender Masehi.

Periode ini disebut Wuku dan ilmu perhitungannya disebut sebagai Pawukon. Terdapat 30 Wuku yang masing-masing memiliki umur 7 hari, sehingga satu siklus Wuku memiliki umur 210 hari yang disebut Dapur Wuku.

Baca Juga: Kalender Jawa 5 Desember 2023 Hari Baik Weton Apa, Neptu dan Gambaran Sifat Orang Lahir Selasa Kliwon

Selain Wuku, terdapat juga Neptu yang digunakan untuk melihat nilai dari suatu hari. Ada dua macam Neptu, Neptu Dina dan Neptu Pasaran.

Neptu Dina adalah angka yang digunakan untuk menandai nilai hari-hari pada saptawara, sedang Neptu Pasaran digunakan untuk menandai nilai hari-hari pada pancawara.

Nilai-nilai ini digunakan untuk menghitung baik buruknya hari terkait kegiatan tertentu juga perwatakan seseorang yang lahir pada hari tersebut.

Adapun untuk hari Rabu, 6 Desember 2023 dalam kalender Jawa bertepatan pada tanggal 23 Jumadilawal 1957 tahun Jimawal.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x