Tanggal 13 Desember 2023 Memperingati Hari Apa, Apakah Libur? Ini Sejarah Peringatan Nasional Hari Nusantara

- 12 Desember 2023, 15:20 WIB
Tanggal 13 Desember 2023 memperingati hari apa? Apakah libur? Ini sejarah peringatan nasional Hari Nusantara.
Tanggal 13 Desember 2023 memperingati hari apa? Apakah libur? Ini sejarah peringatan nasional Hari Nusantara. /Tangkap Layar/ malutprov.go.id

BERITA DIY - Simak informasi tanggal 13 Desember 2023 memperingati hari apa? Apakah libur? Ini sejarah peringatan nasional Hari Nusantara.

Tanggal 13 Desember 2023 akan ada peringatan Hari Nusantara yang setiap tahunnya dirayakan oleh seluruh masyarakat di Indonesia.

Namun pada peringatan nasional Hari Nusantara tersebut bukan merupakan hari libur tanggal merah. Oleh karena itu, pada penjelasan di artikel ini akan ada sejarah dari Hari Nusantara tersebut.

Di bawah ini ada sejarah dari peringatan nasional Hari Nusantara yang dilakukan setiap tahunnya tanggal 13 Desember.

Baca Juga: Tanggal 11 Desember 2023 Memperingati Hari Apa? Apakah Libur Tanggal Merah? Cek Sejarah HUT UNICEF di Sini

Sejarah Hari Nusantara

Peringatan Hari Nusantara setiap tanggal 13 Desember ini memiliki cerita sejarah menarik didalamnya.

Dikutip dari Kominfo, Hari Nusantara merupakan peringatan terhadap Deklarasi Djuanda 13 Desember 1957 yang merupakan pernyataan Pemerintah RI mengenai wilayah perairan Indonesia sebagai wilayah teritorial yang menyatu dengan wilayah daratan, sehingga semua perairan yang menghubungkan daratan adalah bagian dari NKRI.

Ada pula tujuan dari penetapan peringatan nasional Hari Nusantara ini adalah untuk merekatkan kembali tali persaudaraan warga negara Indonesia sebagai negara yang terdiri dari beberapa kepulauan.

Tak hanya itu saja, Hari Nusantara diadakan juga sebagai salah satu cara untuk memberikan kesejahteraan masyarakat Indonesia dalam bentuk UKM agar semakin meningkat.

Halaman:

Editor: Sani Charonni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x