Cara Membuat e-Raport Kurikulum Merdeka Sederhana, Menghitung Nilai Mudah, Download PDF Rapor Pendidikan 2023

- 11 Desember 2023, 16:52 WIB
Ilustrasi. Cara membuat e-raport Kurikulum Merdeka sederhana, menghitung nilai rapor sekolah K13, dan link download PDF rapor pendidikan 2023.
Ilustrasi. Cara membuat e-raport Kurikulum Merdeka sederhana, menghitung nilai rapor sekolah K13, dan link download PDF rapor pendidikan 2023. /PIXABAY/StartupStockPhotos

BERITA DIY - Begini cara membuat e-raport Kurikulum Merdeka sederhana, menghitung nilai rapor sekolah K13, dan link download PDF rapor pendidikan 2023.

E-raport sekolah Kurikulum Merdeka adalah hasil laporan belajar siswa selama satu semester tahun ajaran 2023-2024 yang berdasarkan pembelajaran K13.

Guru menilai hasil belajar siswa secara objektif dari rekap penilaian selama satu semester yang disajikan sebagai dan sesederhana mungkin.

Nantinya, rapor pendidikan 2023 ini mudah dibaca dan dipahami oleh orang tua atau wali dari peserta didik yang dinilai.

Baca Juga: Download PDF Contoh Narasi Raport PAUD K13 Kurikulum Merdeka Update 2023

Untuk membuat e-raport diwajibkan untuk memeroleh akses download rapor pendidikan 2023 dengan login dengan akun kepala sekolah atau guru. Panduannya bisa KLIK DI SINI.

Lalu, cara mengolah raport di Kurikulum Merdeka berdasar aspek kualitatif dan kuantitatif yang diolah menjadi hasil asesmen. Aspek kualitatif wajib dideskripsikan, sementara kuantitatif membahas nilai dengan skala ukuran yang konsisten, misal 1-100.

Dua informasi asesmen yang wajib ada di raport sekolah adalah a) hasil belajar yang sudah dicapai siswa dalam waktu tertentu; dan b) pemetaan kekuatan dan kelemahan siswa.

Kemudian ada tiga opsi deskripsi raport yang bisa dituliskan berdasarkan capaian kompetensi, alur tujuan pembelajaran, dan pengambilan poin-poin penting dari materi yang tersalurkan kepada peserta didik.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x