Kata-kata Pengakuan Dosa, Ini Tata Cara Menerima Sakramen Tobat Katolik Lengkap dengan Doa Tobat

- 10 Desember 2023, 20:30 WIB
Ilustrasi - Kata-kata pengakuan dosa, tata cara menerima sakramen tobat dan teks doa tobat.
Ilustrasi - Kata-kata pengakuan dosa, tata cara menerima sakramen tobat dan teks doa tobat. /PIXABAY/ congerdesign

BERITA DIY - Simak informasi kata-kata pengakuan dosa, tata cara menerima Sakramen Tobat Katolik lengkap dengan doa tobat yang biasa dilakukan sebelum natal, berikut ini.

Menjelang hari raya Natal, umat Katolik diharapkan untuk menerima sakramen tobat. Pengakuan dosa ini dilakukan agar umat Katolik semakin siap dan pantas untuk menyambut Yesus Kristus saat hari raya Natal.

Sayangnya, masih banyak umat Katolik yang bingung bagaimana kata-kata yang diucapkan saat pengakuan dosa serta bagaimana tata cara menerima sakramen tobat Katolik.

Alasannya banyak, mulai dari lupa karena terlalu lama tidak melakukan pengakuan dosa dan lain sebagainya. Lantas, bagaimana tata cara menerima sakraman tobat katolik dan kata-kata pengakuan dosa.

Baca Juga: Kalender Liturgi Katolik Minggu 3 Desember 2023 Lengkap PDF Masa Adven I Tahun B

Sebagai informasi, Sakramen pengakuan dosa merupakan salah satu dari dua sakremen penyembuhan. Satu diantaranya adalah sakramen minyak suci.

Terdapat lima langkah pertobatan seseorang yaitu menyadari dan mengakui dosa, menyesali dosa, berniat tidak berbuat dosa lagi, mohon ampun dan mau menghidupi cara hidup yang baru.

Tata Cara Menerima Sakramen Tobat

Tata cara menerima sakramen tobat dimulai dengan memasuki kamar pengakuan dosa yang telah dipersiapkan. Setelah masuk ke ruang pengakuan dosa umat akan langsung berlutut dan menerima berkat dari iman.

Setelah menerima berkat pengantar dari imam atau romo, umat akan membuka tanda salib sebagai pembuka pertobatan kita.

Halaman:

Editor: Sani Charonni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x