Apa Risiko Tidak Validasi NIK Jadi NPWP? Ini Cara Memadankan NIK Jadi NPWP

- 7 Desember 2023, 15:40 WIB
Apa risiko tidak validasi NIK jadi NPWP dan cara memadankan NIK jadi NPWP.
Apa risiko tidak validasi NIK jadi NPWP dan cara memadankan NIK jadi NPWP. /Instagram.com/@ditjenpajakri/

BERITA DIY - Ketahui apa saja risiko dari tidak melakukan validasi NIK jadi NPWP lengkap dengan cara memadankan NIK jadi NPWP, berikut ini.

Direktorat Jenderal Panjang Kementerian Keuangan Republik Indonesia, telah secara resmi meminta masyarakat untuk melakukan pemadanan NIK menjadi NPWP.

Batas akhir dari pemadanan Nomor Induk Kependudukan menjadi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) ini adalah pada tanggal 31 Desember 2023 mendatang.

Lantas, apa saja risiko yang akan diterima wajib pajak jika tidak melakukan proses validasi atau pemadanan NIK menjadi NPWP? Berikut perjelasan lengkapnya.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Nomor EFIN, Bagaimana Cara Meminta e-FIN Pajak Secara Online Tanpa ke Kantor, Lihat di Mana?

Dilansir dari antaranews, Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kudus, Jawa Tengah menjelaskan jika sampai batas waktu yang ditetntukan wajib pajak tidak melakuka validasi NIK jadi NPWP maka wajib pajak akan mengalami kesulitan mengakses layanan pajak secara digital.

"Untuk itu, sebaiknya segera mengurus validasi NIK menjadi NPWP karena tahun 2024 NPWP-nya sesuai NIK atau 16 digit," kata Andi Setijo Nugroho, Kepala KPP Pratama Kudus, dikutip dari antaranews.

Adapun layanan pajak yang tidak bisa diakses oleh wajib pajak yang belum melakukan validasi NIK meliputi layanan pajak online seperti e-Filing dan e-Form.

Mengingat pentingnya proses validasi dan pemadanan NIK menjadi NPWP ini maka masyarakat dihimbau untuk segera melakukan proses pemadanan ini.

Halaman:

Editor: Sani Charonni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x