Download PDF Buku Saku Petugas Pengawas TPS Pemilu 2024, Honor Gaji PTPS Terbaru, Perbedaan dengan Panwaslu

- 7 Desember 2023, 08:56 WIB
Link download PDF Buku Saku Petugas Pengawas TPS Pemilu 2024, berapa honor gaji PTPS terbaru, dan perbedaan dengan Panwaslu.
Link download PDF Buku Saku Petugas Pengawas TPS Pemilu 2024, berapa honor gaji PTPS terbaru, dan perbedaan dengan Panwaslu. /Tangkap layar website Bawaslu Jateng

BERITA DIY - Berikut link download PDF Buku Saku Petugas Pengawas TPS Pemilu 2024, berapa honor gaji PTPS terbaru, dan perbedaan dengan Panwaslu.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menjelaskan jika jadwal pembentukan Pengawas Tempat Pemungutan Suara disingkat PTPS yakni 23 hari sebelum Pemilu 14 Februari 2024. Artinya, pendaftaran PTPS dibuka tanggal 23 Januari 2024.

PTPS adalah petugas khusus yang bertugas mengawasi setiap tempat pemungutan suara (TPS) yang dibentuk oleh Pengawas Pemilu (Panwaslu) tingkat kecamatan.

Panwaslu desa atau PTPS berjumlah satu orang tiap TPS dengan dibantu satu hingga lima petugas Pengawas Pemilu Lapangan (PPL). Panwaslu desa inilah yang disebut pengawas TPS (PTPS).

Baca Juga: Download PDF Buku Panduan KPPS Pemilu 2024 Isi Tugas Anggota KPPS 1-7 di TPS

Masa kerja PTPS kurang lebih delapan bulan dengan gaji Rp 1 juta per bulan. Sementara PPL hanya satu bulan dengan honor Rp 750.000 sekali cair.

Selain mendapatkan gaji, Pengawas TPS PTPS akan mendapatkan asuransi jiwa jika meninggal dunia dan klaim asuransi kecelakaan kerja.

PTPS Pemilu 2024 penting sebagai pendorong suksesnya pemilihan umum presiden dan wakil presiden Republik Indonesia serta anggota legislatif.

Jadi, dalam struktur penyelenggaraan Pemilu 2024 ada KPU memberikan intruksi ke Bawaslu, Bawaslu membentuk Panwaslu, dan Panwaslu membentuk Pengawas PTS yang terdiri dari PTPS serta PPL.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x