Cara Cegah Penyakit Japanese Encephalitis Penyebab Radang Otak, Harga Imunisasi JE dan Apakah Aman Buat Bayi

- 21 November 2023, 21:00 WIB
Ilustrasi - Cara cegah penyakit Japanese Encephalitis penyebab radang otak, harga imunisasi JE dan apakah aman buat bayi.
Ilustrasi - Cara cegah penyakit Japanese Encephalitis penyebab radang otak, harga imunisasi JE dan apakah aman buat bayi. /PEXELS/Frank Merino

BERITA DIY - Simak cara cegah penyakit Japanese Encephalitis penyebab radang otak. Berikut harga imunisasi JE dan apakah aman buat bayi.

Japanese Encephalitis (JE) sedang menjadi perhatian pemerintah. Sejak 2014 lalu, telah ditemukan 145 kasus di Indonesia.

Provinsi Kalimantan Barat menyumbang 30 kasus Japanese Encephalitis. Sedangkan Provinsi Bali menjadi yang tertinggi dengan temuan 77 kasus.

Penyakit Japanese Encephalitis adalah penyakit yang ditumbulkan infeksi virus JE. Penularannya berasal dari nyamuk Culex yang sering mengigit kala malam hari.

Baca Juga: Apa Itu MPOX? Ini Penyebab, Gejala dan Pengobatan Penyakit Monkey POX Waspadai Virus Cacar Monyet

Virus Japanese Encephalitis masuk ke nyamuk melalui perantara inang seperti babi, kuda, dan beberapa spesies burung.

Japanese Encephalitis rentan menyerang anak-anak berusia 10 tahun ke bawah bahkan bayi juga bisa terjangkit oleh virus ini. Tetapi orang dewasa juga memiliki potensi terinfeksi JE.

Masa inkubasi virus Japanese Encephalitis biasanya memakan waktu 5-15 hari. Di mana orang yang terinfeksi akan menunjukkan sejumlah gejala, di antaranya:

- Demam, sakit kepala dan muntah

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x