Kapan Pendaftaran KPPS Pemilu 2024 Dibuka? Ini Syarat Menjadi Anggota dan Link Pendaftaran

- 20 November 2023, 14:20 WIB
Kapan pendaftaran KPPS Pemilu 2024 dibuka, syarat menjadi anggota, link pendaftaran dan gaji terbaru.
Kapan pendaftaran KPPS Pemilu 2024 dibuka, syarat menjadi anggota, link pendaftaran dan gaji terbaru. /Tangkap Layar YouTube .com/KPU RI

BERITA DIY - Ketahui kapan pendaftaran KPPS Pemilu 2024 dibuka lengkap dengan syarat menjadi anggota KPPS dan link pendaftaran, cek info lengkapnya di sini.

Saat ini banyak masyarakat yang mencari informasi kapan pendaftaran Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk Pemilihan Umum atau Pemilu 2024 mendatang.

Animo masyarakat meningkat untuk menyukseskan pelaksanaan pemilu 2024 usai mengetahui bahwa pemerintah menaikkan besaran gaji atau honor badan ad hoc pemilu 2024.

Kenaikan gaji ini termasuk untuk petugas KPPS. Lantas, berapa gaji KPPS 2024, apa saja syarat menjadi anggota KPPS serta di mana link pendaftaran KPPS 2024? Berikut informasi lengkapnya.

Baca Juga: Debat Capres Cawapres Kapan, Hari Apa Tanggal Berapa? Cek Jadwal Pemilu 2024 Lengkap dari KPU

Sebagai informasi, KPPS atau Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara dibentuk untuk menyelenggarakan pemungutan dan perhitungan suara dalam pemilu dan pemilihan di Tempat Pemungutan Suara.

Dilansir dari kpu.go.id, petugas KPPS dibentuk oleh PPS paling lambat 14 hari sebelum pelaksanaan pemungutan suara Pemilu dan dibubarkan paling lambat satu bulan setelah pemungutan suara Pemilu.

Masa kerja KPPS ini akan diperpanjang jika terjadi pemungutan ulang atau penghitungan suara ulang yaitu dibubarkan paling lambat dua bulan setelah pemungutan suara.

Adapun jumlah anggota KPPS adalah tujuh orang terdiri dari 1 orang ketua merangkap anggota dan enam orang anggota. Petugas KPPS adalah anggota masyarakat di sekitar TPS yang memenuhi syarat dengan memperhatikan 30 persen keterwakilan perempuan.

Halaman:

Editor: Sani Charonni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x