Apa Itu Nyamuk Wolbachia, Apakah Berbahaya Bagi Manusia dan Lingkungan? Ini Cara Kerja Nyamuk Ber-Wolbachia

- 19 November 2023, 10:20 WIB
Ilustrasi - Apa itu nyamuk Wolbachia, apakah berbahaya bagi manusia dan lingkungan, begini cara kerja nyamuk ber-Wolbachia untuk kurangi penyebaran DBD.
Ilustrasi - Apa itu nyamuk Wolbachia, apakah berbahaya bagi manusia dan lingkungan, begini cara kerja nyamuk ber-Wolbachia untuk kurangi penyebaran DBD. /PEXELS/Jimmy Chan

BERITA DIY - Cari tahu apa itu nyamuk Wolbachia, apakah berbahaya bagi manusia dan lingkungan. Cek penjelasan Kemenkes jangan sampai salah memahaminya.

Akan dijelaskan bagaimana cara kerja nyamuk ber-Wolbachia untuk kurangi penyebaran DBD. Ternyata nyamuk yang terinfeksi bakteri jenis ini membawa manfaat bagi manusia.

Akhi-akhir ini telah ramai soal nyamuk Wolbachia. Bagi masyarakat awam tentunya hal ini terdengar asing. Anda bisa mengetahui jawaban apa itu nyamuk ber-Wolbachia di sini.

Seperti yang kita tahu, di Indonesia angka kematian akibat DBD cukup tinggi. Upaya untuk mencegah dan mengurangi angka kematian tersebut telah banyak dilakukan.

Baca Juga: Viral Nyamuk Wolbachia ‘Bill Gates’, Benarkah Sebar Genetik LGBT di Indonesia? INI Fakta yang Mencengangkan

DBD atau demam berdarah merupakan penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk yang terinveksi virus dengue. Virus tersebut bisa menyebar ke manusia yang digigitnya.

Pencegahan penuluran dan penyebaran virus ini dapat dilakukan dengan membiasakan pola hidup bersih dengan menerapkan 3 M (Menguras, Menutup, dan Mendaur ulang) serta tetap menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Selain cara tersebut, kini telah ditemukan cara pencegahan baru yang tentunya juga aman bagi manusia dan lingkungan, yakni melalui penyebaran nyamuk ber-Wolbachia atau juga dikenal dengan nyamuk Wolbachi.

Dilansir dari laman resmi Kemenkes pada Kamis, 16 November 2023, nyamuk ber-Wolbachi sebenarnya adalah nyamuk biasa yang telah terinfeksi oleh bakteri Wolbachia. Bakteri ini memilik peran dalam memblok replikasi virus dengue di dalam tubuh nyamuk.

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x