Apa Itu Nyamuk Wolbachia? Nyamuk 'Baik' Pencegah Demam Berdarah Dengue DBD

- 15 November 2023, 15:38 WIB
Ilustrasi/ Informasi apa itu nyamuk Wolbachia yang disebut nyamuk 'baik' pencegah demam berdarah dengue atau DBD.
Ilustrasi/ Informasi apa itu nyamuk Wolbachia yang disebut nyamuk 'baik' pencegah demam berdarah dengue atau DBD. /PIXABAY/@mikadago

BERITA DIY - Simak informasi apa itu nyamuk Wolbachia yang disebut nyamuk 'baik' pencegah demam berdarah dengue.

Demam Berdarah Dengue (DBD) menjadi salah satu penyakit paling serius di Indonesia terutama di saat musim penghujan. Merujuk laman sehatnegeriku.kemenkes.go.id, bahkan selama pandemi Covid-19, jumlah penderita DBD dilaporkan terus meningkat.

Meski 'hanya' disebabkan gigitan dari nyamuk, faktanya DBD juga menjadi salah satu penyakit paling mematikan di dunia. 

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan pada tahun 2019, jumlah kasus demam Dengue dan demam berdarah Dengue pada bulan Februari 2019 sebanyak 16.692 kasus dengan 169 kasus meninggal dunia. Jumlah ini meningkat dibandingkan bulan sebelumnya, yaitu sebanyak 13.683 kasus dengan 133 kasus meninggal dunia.

Baca Juga: Gejala DBD dan Cara Pencegahan Demam Berdarah Dengue, Lakukan 3M!

Guna menekan ancaman DBD, The World Mosquito Program (WMP) Yogyakarta yang dijalankan oleh Prof. Adi Utarini melakukan penelitian terkait pengendalian virus dengue dengan menggunakan nyamuk aedes aegypti yang telah berbakteri Wolbachia.

Apa itu Nyamuk Wolbachia?

Mengutip dari laman sehatnegeriku.kemenkes.go.id, Prof. Adi Utarini atau yang kerap disapa dengan Prof. Uut menjelaskan bahwa Wolbachia adalah bakteri yang dapat tumbuh alami diserangga terutama nyamuk, kecuali nyamuk aedes aegypti.

Menariknya, bakteri Wolbachia ini dapat melumpuhkan virus dengue, sehingga apabila ada nyamuk aedes aegypti menghisap darah yang mengandung virus dengue akan resisten sehingga tidak akan menyebar ke dalam tubuh manusia.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x