Keajaiban di Balik Nyamuk, Salah Satunya Menjadi Inspirasi Ilmu Bedah

- 5 Juni 2023, 13:10 WIB
Keajaiban di balik nyamuk yang tidak hanya merugikan manusia, tetapi juga bisa memberi manfaat. Salah satunya menjadi inspirasi dari ilmu pembedahan modern.
Keajaiban di balik nyamuk yang tidak hanya merugikan manusia, tetapi juga bisa memberi manfaat. Salah satunya menjadi inspirasi dari ilmu pembedahan modern. /Freepik.com/@jcomp

BERITA DIY - Berikut informasi mengenai keajaiban di balik nyamuk yang tidak hanya merugikan manusia, tetapi juga bisa memberi manfaat. Salah satunya menjadi inspirasi ilmu bedah. 

Nyamuk merupakan salah satu jenis serangga yang termasuk ke dalam ordo Diptera (sama seperti lalat). Ada banyak jenis nyamuk di dunia ini. Beberapa diantaranya merupakan vektor (perantara) penyakit tertentu. 

Nyamuk mendapatkan makanan dari nektar pada tumbuhan. Ketika mengambil nektar, nyamuk juga membantu menyerbuki tanaman sehingga tanaman dapat mengambil manfaaat dari nyamuk. Nyamuk menggigit manusia untuk mendapatkan protein dari darah manusia dan ini hanya dilakukan oleh nyamuk betina. 

Nyamuk betina menggunakan protein tersebut untuk menghasilkan telurnya. Nyamuk dapat menyebabkan penyakit apabila di tubuhnya terdapat parasit. Jadi, nyamuk bukan penyebab utama yang membuat orang sakit. 

Baca Juga: Cara Mengatasi Rasa Gatal karena Gigitan Nyamuk, Berikut Pencegahan dan Solusi Mengusir Nyamuk dari Rumah

Akan tetapi jika di tubuh nyamuk terdapat parasit maka saat menggigit, nyamuk  tersebut dapat menyebabkan penyakit pada manusia. Beberapa parasit yang biasa hidup di tubuh nyamuk diantaranya:

  1. Virus Dengue hidup di nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus dapat menularkan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x