Kalender Jawa Kamis 9 November 2023 Lengkap Nama Weton, Neptu dan Watak Orang Lahir Kamis Wage

- 8 November 2023, 20:00 WIB
Ilustrasi - Kalender Jawa Kamis, 9 November 2023 lengkap nama weton, neptu dan gambaran watak orang yang lahir pada Kamis Wage.
Ilustrasi - Kalender Jawa Kamis, 9 November 2023 lengkap nama weton, neptu dan gambaran watak orang yang lahir pada Kamis Wage. /pixabay/ Dindin Hasanudin Nugraha

BERITA DIY - Berikut informasi kalender Jawa Kamis, 9 November 2023 lengkap nama weton, neptu dan gambaran watak orang yang lahir pada Kamis Wage.

Mengutip dari laman kratonjogja.id, kalender Jawa atau juga disebut Kalender Sultan Agungan karena diciptakan pada pemerintahan Sultan Agung (1613-1645).

Awal digunakan kalender Jawa ini ialah meneruskan tahun Saka, namun melepaskan sistem perhitungan yang lama dan menggantikannya dengan perhitungan berdasar pergerakan bulan.

Tahun Jawa, atau tahun Jawa Islam Sultan Agung, memiliki berbagai macam siklus. Siklus harian yang masih dipakai sampai saat ini adalah saptawara ( siklus tujuh hari) dan pancawara (siklus lima hari).

Baca Juga: Kalender Jawa Rabu 8 November 2023, Nama Weton, Pasaran, Neptu dan Gambaran Orang Lahir Rabu Pon

Saptawara, atau padinan, terdiri dari Ngahad (Dite), Senen (Soma), Selasa (Anggara), Rebo (Buda), Kemis (Respati), Jemuwah (Sukra), dan Setu (Tumpak).

Siklus tujuh hari ini sewaktu dengan siklus mingguan pada kalender Masehi; Minggu, Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat,dan Sabtu.

Pancawara terdiri dari Kliwon (Kasih), Legi (Manis), Pahing (Jenar), Pon (Palguna), dan Wage (Cemengan). Pancawara juga biasa disebut sebagai pasaran.

Adapun untuk hari Kamis, 9 November 2023 dalam kalender Jawa bertepatan dengan tanggal 25 Bakda Mulud 1957.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x