Cara Cek NIK KTP Online di HP, Apakah e-KTP Sudah Terdaftar di Dukcapil yang Mudah dan Cepat

- 15 Oktober 2023, 08:35 WIB
Ilustrasi - Cara cek NIK KTP online di HP, cek apakah e-KTP sudah terdaftar atau belum di Dukcapil, mudah, cepat, bisa dicek kapan pun di mana pun.
Ilustrasi - Cara cek NIK KTP online di HP, cek apakah e-KTP sudah terdaftar atau belum di Dukcapil, mudah, cepat, bisa dicek kapan pun di mana pun. /Tangkap layar Instagram.com/@dukcapilkemendagri

BERITA DIY - Inilah 4 cara cek NIK KTP online di HP. Cek apakah e-KTP sudah terdaftar atau belum di Dukcapil. Praktis mudah, cepat, bisa dicek kapan pun di mana pun.

NIK bisa dilihat di KTP maupun KK. Namun jika suau saat Anda butuh NIK namun tidak sendang membawa e-KTP atau KK, Anda bisa cek lewat HP agar mendapatkan info NIK valid.

Tersaji 4 cara yang dapat dipakai untuk cek NIK online. Anda juga dapat melihat apakah NIK e-KTP sudah terdaftar di Dukcapil atau belum. Cara ini tebilang mudah, cepat dan praktis.

Dukcapil telah menyediakan layanan untuk pengecekan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Layanan ini bisa diakses siapa pun, kapan pun, dan di mana pun tanpa perlu datang ke kantor.

Baca Juga: NIK Tidak Terdaftar di Dukcapil? Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya Bisa Lewat HP dan WA

Banyak administrasi yang sering meminta data NIK. Nah, jika Anda lupa tidak membawa KTP fisik atau KK, Anda bisa segera mengeceknya secara online.

NIK tiap orang berbeda. Nomor ini menjadi identitas setiap individu yang tercatat sebagai penduduk Indonesia. NIK terdiri dari 16 digit angka yang menjadi kode-kode tertentu.

2 digit awal adalah kode provinsi, 2 digit berikutnya adalah kode kota/kabupaten, 2 digit berikutnya adalah kode kecamatan, 6 digit berikutnya adalah tanggal lahir dengan bentuk hhbbtt.

Tanggal lahir untuk perempuan di tambah 40, sementara untuk laki-laki menggunakan tanggal asli. Lalu 4 digit terakhir adalah nomor urut orang yang lahir di hari yang sama di kecamatan yang sama.

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x