Apa Itu Amdal? Inilah Pengertian, Jenis, Tujuan, dan Manfaat Analisis Dampak Lingkungan bagi Masyarakat

- 8 Oktober 2023, 11:20 WIB
Ilustrasi- Lingkungan hidup, pengertian apa itu Amdal, inilah jenis-jenis, tujuan, dan manfaat proses analisis terhadap dampak lingkungan bagi masyarakat.
Ilustrasi- Lingkungan hidup, pengertian apa itu Amdal, inilah jenis-jenis, tujuan, dan manfaat proses analisis terhadap dampak lingkungan bagi masyarakat. /Pexels.com/@sergio souza

BERITA DIY - Berikut pengertian apa itu Amdal, inilah jenis-jenis, tujuan, dan manfaat analisis terhadap dampak lingkungan bagi masyarakat.

Tahukah kamu apa itu Amdal? Apakah Amdal memiliki tujuan dan manfaat bagi masyarakat, selengkapnya bisa cek di sini.

Amdal adalah singkatan dari Analisis Dampak Lingkungan, ini adalah suatu proses penting yang digunakan untuk menilai dampak dari suatu proyek atau kegiatan terhadap lingkungan.

Ternyata Amdal sendiri sudah diatur dalam UU Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Baca Juga: Apa Itu KTT AIS 2023, Daftar Anggota, Tema, dan Jadwal Pelaksanaan Forum Negara Kepulauan di Bali Indonesia

Tentunya Amdal ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi, mengukur, dan mengelola dampak yang mungkin akan timbul dari kegiatan manusia terhadap lingkungan.

Selain itu Amdal menjadi alat yang penting dalam upaya menjaga keseimbangan antara dan pembangunan ekonomi, pelestarian lingkungan, dan kesejahteraan sosial.

Jenis-jenis Amdal

1. Amdal Tunggal

Amdal proyek tunggal fokus terhadap pelestarian lingkungan ketika adanya satu jenis usaha atau proyek, Amdal ini memiliki dampak terbatas pada lingkungan.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x