Isi UU ASN 2023 dan Link Download PDF, Ini Aturan soal PPPK dan Honorer yang Wajib Diketahui

- 5 Oktober 2023, 13:33 WIB
Ilustrasi - Banyak yang cari tentang isi UU ASN 2023 dan link download PDF beserta aturan soal PPPK dan honorer yang wajib diketahui.
Ilustrasi - Banyak yang cari tentang isi UU ASN 2023 dan link download PDF beserta aturan soal PPPK dan honorer yang wajib diketahui. /ANTARA/Abdul Fatah

BERITA DIY - Saat ini banyak yang cari tentang isi UU ASN 2023 dan link download PDF beserta aturan soal PPPK dan honorer yang wajib diketahui.

DPR RI resmi mengesahkan RUU ASN menjadi UU ASN pada rapat paripurna DPR, Selasa, 3 Oktober 2023.

Dalam UU ASN 2023 ini terdapat aturan soal PPPK dan honorer yang wajib diketahui masyarakat. Terutama soal nasib honorer yang sebelumnya akan berakhir di November 2023 mendatang.

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas mengungkapkan dengan disahkannya UU ASN 2023, maka tidak ada PKH massal tenaga honorer pada bulan depan.

Baca Juga: Tanpa Tes Langsung Penempatan! Ini 5 Kategori Honorer yang Diprioritaskan Jadi PPPK 2023

“Berkat dukungan DPR, RUU ASN ini menjadi payung hukum terlaksananya prinsip utama penataan tenaga non-ASN yaitu tidak boleh ada PHK masal, yang telah digariskan Presiden Jokowi sejak awal,” ujar Anas dikutip dari menpan.go.id.

Menurutnya saat ini setidaknya ada 2,3 juta tenaga honorer di instasi pemerintahan, yang terbanyak di pemerintah daerah.

Dengan adanya UU ASN, para honorer akan tetap bisa bekerja hingga Desember 2024, sembari pemerintah menyiapkan penataan status tenaga honorer.

Aturan honorer tertuang dalam Pasal 67 UU ASN 2023, yang berbunyi: “Pegawai non-ASN atau nama lainnya wajib diselesaikan penataannya paling lambat Desember 2024 dan sejak Undang-Undang ini mulai berlaku Instansi Pemerintah dilarang mengangkat pegawai non-ASN atau nama lainnya selain Pegawai ASN”.

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x