Apa Keutamaan Bulan Rabiul Awal, Amalan yang Bisa Dilakukan, Menjelang Maulid Nabi Muhammad SAW

- 18 September 2023, 12:00 WIB
Ilustrasi - Apa keutamaan bulan Rabiul Awal, amalan yang bisa dilakukan menjelang Maulid Nabi Muhammad SAW anjuran perbanyak sholawat.
Ilustrasi - Apa keutamaan bulan Rabiul Awal, amalan yang bisa dilakukan menjelang Maulid Nabi Muhammad SAW anjuran perbanyak sholawat. /UNSPLASH/Raka Dwi Wicaksana

BERITA DIY - Berikut informasi apa keutamaan bulan Rabiul Awal, amalan yang bisa dilakukan menjelang Maulid Nabi Muhammad SAW anjuran perbanyak sholawat.

Memasuki bulan Rabiul Awal 1445 ini banyak umat muslim yang mencari keutamaan bulan ini yang di dalamnya terdapat hari kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Rabiul Awal merupakan salah satu bulan dalam penanggalan Hijriah yakni setelah bulan Muharram dan Safar.

Dalam tradisi masyarakat muslim di Indonesia bulan Rabiul Awal diutamakan karena terdapat peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga: 1 Rabiul Awal 2023 Jatuh Tanggal Berapa pada Kalender Hijriah? Ini Jadwal Peringatan Maulid Nabi

Mengutip dari laman NU Lampung, Sayyid Muhammad bin Alwi Al Maliki dalam kitab Mafahim Yajib an Tushahhah, peringatan Maulid Nabi Muhammad saw, merupakan bentuk tradisi yang baik di masyarakat, bukan termasuk bagian dari masalah ibadah yang dipersoalkan keabsahannya.

Menurutnya, Maulid Nabi SAW juga menjadi momen efektif untuk mendakwahkan teladan akhlak Rasulullah SAW, serta sejarah kehidupan, perjuangan, bisnis, politik, strategi kepemimpinan, dan cara ibadah Nabi Muhammad.

Sedangkan menurut Imam al-Suyuthi dari kalangan ulama Syafi’iyyah juga mengatakan, Maulid Nabi SAW merupakan kegiatan positif yang mendatangkan pahala.

Ia menganjurkan pada bulan Rabiul Awal umat Islam meluapkan kegembiraan dan rasa syukur dengan cara memperingati kelahiran Rasulullah, berkumpul, membagikan makanan, dan beberapa ibadah lain.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x