Keutamaan Bulan Dzulhijjah dan Amalan Apa yang Harus Dilakukan pada Bulan Dzulhiijjah?

- 20 Juni 2023, 14:40 WIB
Ilustrasi - Keutamaan Bulan Dzulhijjah yang pahala amalnya tidak pernah berkurang. Lalu amalan apa yang harus dilakukan ketika memasuki Bulan Dzulhijjah?
Ilustrasi - Keutamaan Bulan Dzulhijjah yang pahala amalnya tidak pernah berkurang. Lalu amalan apa yang harus dilakukan ketika memasuki Bulan Dzulhijjah? /Instagram.com/@ziqihabas

BERITA DIY - Berikut informasi mengenai keutamaan bulan Dzulhijjah yang pahala amalnya tidak pernah berkurang. Lengkap dengan amalan apa yang harus dilakukan pada bulan Dzulhijjah.

Hari ini tanggal 20 Juni 2023, kita sudah memasuki tanggal 1 Dzulhijah 1444 Hijriah. Bulan Dzulhijjah merupakan bulan yang pahala amalnya tidak pernah berkurang setelah bulan Ramadhan.

Sepuluh hari malam pertama bulan Dzulhijjah memiliki keutamaan yang besar. Amalan shaleh yang dikerjakan akan diistimewakan dan dilipatgandakan oleh Allah.

Menurut hadits riwayat Ahmad, Rasulullah Shallallaahu ‘Alaihi Wasallam pernah bersabda,

مَا مِنْ أَيَّامٍ أَعْظَمُ عِنْدَ اللَّهِ وَلَا أَحَبُّ إِلَيْهِ الْعَمَلُ فِيهِنَّ مِنْ هَذِهِ الْأَيَّامِ الْعَشْرِ

Baca Juga: Puasa Dzulhijjah 2023, Tata Cara, Bacaan Niat dan Jadwal Puasa Sunnah Dzulhijjah Mulai Kapan?

“Tidak ada hari-hari yang lebih agung di sisi Allah dan amal shalih di dalamnya lebih dicintai oleh-Nya daripada hari yang sepuluh (sepuluh hari pertama dari Dzulhijjah).”

Seseorang dapat meraih ketakwaan yang lebih tinggi dari bulan-bulan sebelumnya dengan semakin menjauhi segala di Bulan Dzulhijjah. Hal ini dikarenakan perbuatan maksiat yang dilakukan di Bulan Dzulhijjah dosanya lebih besar di sisi Allah sehingga dengan kemaksiatanmenjauhi maksiat maka pahalanya pun lebih besar.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x