Niat Puasa Tarwiyah dan Puasa Arafah Jelang Idul Adha, Keutamaan, dan Amalan Selama Berpuasa Sunnah

- 26 Juni 2023, 18:00 WIB
Niat Puasa Tarwiyah dan Puasa Arafah jelang Idul Adha beserta keutamaan, dan amalan-amalan selama berpuasa sunnah.
Niat Puasa Tarwiyah dan Puasa Arafah jelang Idul Adha beserta keutamaan, dan amalan-amalan selama berpuasa sunnah. /Pixabay/mataqdarululum

 

BERITA DIY – Berikut niat Puasa Tarwiyah dan Puasa Arafah jelang Idul Adha beserta keutamaan, dan amalan selama berpuasa sunnah.

Kedua puasa sunnah tersebut memiliki keutamaan puasa Tarwiyah dan puasa Arafah menjelang dilaksanakannya shalat Idul Adha pada 10 Dzulhijjah.

Sebagai puasa sunnah, ganjarannya pun sayang untuk dilewatkan, yaitu menghapus dosa. Sehingga simak penjelasan terkait keutamaan puasa Tarwiyah dan puasa Arafah di sini.

Dengen mengetahui keutamaan puasa Tarwiyah dan puasa Arafah umat Islam tentu akan semakin semangat menjalankan puasa sunnah ini.

Baca Juga: Niat Puasa Tarwiyah dan Arafah Sebelum Idul Adha Tulisan Arab dan Latin: Dibaca Malam Hari Ini 8 - 9 Dzulhijah

Puasa Tarwiyah dilaksanakan setiap tanggal 8 Dzulhijjah dan dilanjutkan puasa Arafah tanggal 9 Dzulhijjah. Diharamkan untuk berpuasa pada 10 Dzulhijjah, termasuk hari tasyrik 11, 12, 13 Dzulhijjah.

Allah akan memberikan balasan bagi hamba-Nya yang menjalankan puasa, sebagaimana diriwayatkan oleh Abu Said Al-Khudri radhiyallahu anhu, Rasulullah Saw bersabda yang artinya, “Tidaklah seorang hamba berpuasa sehari di jalan Allah melainkan Allah pasti menjauhkan dirinya dengan puasanya itu dari api neraka selama tujuh puluh tahun.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x